IDENTIFIKASI KECENDERUNGAN BAKAT DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Mudaim, Agus Wibowo, (2017) Identifikasi Kecenderungan Bakat Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Muhammadiyah Metro

Repository Um Metro


File Pdf Download


ABSTRAK

Keberhasilan proses belajar yang dilakukan oleh individu bukan hanya ditentukan oleh satu faktor belaka. Belajar merupakan proses mental, oleh karena itu identifikasi terhadap pengaruh kondisi mental merupakan sesuatu yang sangat penting. Aspek mental yang diduga mempengaruhi hasil belajar individu adalah potensi; bakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bakat mahasiswa,sehingga dosen (pendidik) dapat melakukan proses pembelajaran dengan memperhatikan perbedaan individu, potensi dan bakat yang dimiliki. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Metro. Populasi adalah seluruh mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Metro dan sampel ditentukan secara stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes bakat dan hasil belajar mahasiswa yang berupa KHS. Analisis data secara korelasional menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukan baka skolastik dan hasil belajar mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Metro berada pada kategori sedang. Kontribusi bakat skolastik terhadap hasil belajar hasil belajar atau indek prestasi sebesar 55,5%. Korelasinya sebesar 0,747 dengan sig.0,00


REFERENSI

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ananda, Azwar. 2010. Modul Strategi Pembelajaran. Padang: FIS UNP

Anastasi, A. 1990. Psychological testing. New York: Macmillan Publishing Company

Sardiman, A.M. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Edisi I. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Budiningsih, C.Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gardner, H. 2006. Five Minds for the Future. Boston, MA.: Harvard Business School, Press.

Munandir, dkk., 1990/1991. Validasi dan Penormaan Tes Kemampuan Mental Umum (”Inteligensi”) dan Tes Bakat Diferensial. Laporan Penelitian. Tidak dipublikasikan. Malang: Pusat Penelitian IKIP Malang

Pali, Marthen. 2011. Artikel. Disajikan dalam pengukuhan guru besar Ilmu Pendidikan. Malang: UM Malang

Sanjaya, Wina 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Suryabrata, Sumadi. 1993.Psikologi Pendidikan. Cet. 6. Jakarta : Raja Grafindo Persada,

Wasty, Soemanto. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Winata Putra, Udin S.. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Winansih, Varia (2008). Pengantar Psikologi Pendidikan, Bandung : Citapustaka Media