PERKEMBANGAN TINGKAT KOGNITIF PESERTA DIDIK DI KOTA METRO

Triana Asih (2018) Perkembangan Tingkat Kognitif Peserta Didik Di Kota Metro

Didaktika Biologi


File Pdf Download


ABSTRAK

Metode pembelajaran seharusnya sesuai dengan perkembangan kognitif peserta didik dan sesuai dengan
kurikulum yang sedang diterapkan. Menurut data kumpulan skripsi Pendidikan Biologi tahun 2014-2017
di Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, permasalahan-permasalahan
yang terjadi pada beberapa latar belakang masalah disebabkan oleh metode pembelajaran yang digunakan
guru kurang tepat, sehingga mengakibatkan hasil belajar yang kurang sesuai dengan Kriteria Ketuntasan
Minumum (KKM). Salah satu penyebabnya adalah karena metode yang digunakan kurang
mengoptimalkan daya berpikir peserta didik yang sesuai dengan usianya. Tujuan dari penelitian ini adalah
mendapatkan data perkembangan peserta didik ranah kognitif yang ada di sekolah TK, SD, SMP, dan
SMA yang akan disesuaikan dengan tahap perkembangan peserta didik yang ideal sesuai dengan
jenjangnya berdasarkan teori perkembangan peserta didik ranah kognitif. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik jenjang TK sampai SMA yang ada Kota
Metro. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan wawancara. Penelitian ini
menghasilkan rata-rata total perkembangan kognitif peserta didik di semua jenjang sudah mencapai
kriteria sangat kuat (81%-100%), yang berarti perkembangan kognitif peserta didik yang ada di wilayah
Kota Metro dari jenjang TK, SD, SMP, SMA sudah sesuai dengan perkembangan kognitif ideal yang
dikemukakan oleh teori Piaget.
Kata Kunci: peserta didik, perkembangan kognitif, Kota Metro


REFERENSI

Riduwan. (2010). Rumus dan Data dalam
Analisis Statistika. Bandung:
Alfabeta.
Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintifik
untuk Implementasi Kurikulum
2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R & D.
Bandung: Alfabeta.