PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA BIOLOGI BERORIENTASI KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMP

SULIS ANJARWATI (2016) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (lkpd) Ipa Biologi Berorientasi Keterampilan Proses Sains (kps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Smp

Lppm Universitas Muhammadiyah Metro


File Pdf Download


ABSTRAK

Tujuan penelitian untuk memotret LKPD IPA Biologi yang berkembang, mengembangkan, mengetahui tingkat kelayakan, mengetahui tingkat keterbacaan, mengetahui kelemahan dan kelebihan, dan mengetahui apakah LKPD IPA Biologi berorientasi KPS dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Metro pada tanggal 31 Maret 2015 sampai dengan 15 April 2015. Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Sampel perlakuan di kelas VII.E berjumlah 34 peserta didik. Parameter yang dihitung dan diamati yaitu hasil belajar peserta didik (tes kognitif, KPS, dan sikap sosial). Analisa yang digunakkan adalah dengan teknik persentase dan  uji statistik Paired Samples T Test. Hasil penelitian disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan LKPD terhadap hasil belajar peserta didik, KPS masuk ke dalam kualifikasi sangat tinggi dengan persentase sebesar 86,62%, dan  sikap sosial masuk ke dalam predikat sangat baik karena berada pada range skor 3,33 < skor>.

 

Kata Kunci: LKPD, KPS, Hasil Belajar


REFERENSI

Arsih, Fitri. 2010. Pengembangan LKS IPA Biologi Kelas VIII SMP Berorientasi pada Pendekatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ta’dib. Vol. 13 No. 1. Jambi: Yayasan Pendidikan Marangin Bangko Jambi.

 

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhfahroyin. 2010. Telaah Biologi SMA. Malang: Tunggal Mandiri.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyanto. 2011. Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

­­­­Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Cetakan Ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

             . 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Cetakan Ke-4. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.