BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK REGULASI DIRI (SELF REGULATION) DALAM MENINGKATKAN LEARNING MOTIVATIONMAHAMAHASISWA PRODI BK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Dra. Hj. Nurul Atieka, M.Pd & hadi Pranoto, M.Pd,Retno Fajar Wati, M.Pd,Rio Septora, M.Pd (2016) Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Regulasi Diri (self Regulation) Dalam Meningkatkan Learning Motivationmahamahasiswa Prodi Bk Universitas Muhammadiyah Metro

Lppm Um Metro


File Pdf Download


ABSTRAK

 

Tujuan Penelitian ini: (1) mengetahui Learning Motivationmahamahasiswa sebelum diberikan bimbingan kelompok dengan teknik regulasi diri,(2) mengetahui Learning Motivationmahamahasiswasesudah diberikan bimbingan kelompok dengan teknik regulasi diri, (3) mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik regulasi diriuntuk meningkatkan Learning MotivationMahasiswa Prodi BK UM Metro UM Metro.Target tujuan jangka panjang setelah penelitaian ini adalah menyusun  desain atau program dari model bimbingan kelompok dengan teknik regulasi diri dalam meningkatkan learning motivation untuk Tingkat Perguruan  Tinggi.

Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling berupa Simple Random Sampling, yaitu pengambilan anggota sampeldari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.Subjek penelitian adalah Mahamahasiswa Prodi BK UM Metrotanpa mempertimbangkan kriteria tertentu. Alat ukur yang dipakai adalah skala Learning Motivation(learning motivation). Metode penelitian eksperimen one group pretest post test design. Hasil layanan Bimbingan Kelompok dengan teknik regulasi diri dapat meningkatkan  learning motivation mahasiswa prodi BK UM Metro.


REFERENSI

Abdul, Agus Rahman. 2013. Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Atieka, Nurul. 2015. Penelitian Dosen Pemula “Self Efficacy Panti Asuhan dan Peningkatan Melalui Peningkatanya Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok. Dikti PDP.

Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.

Eric C. K. Cheng. 2011.”The Role of Self-regulated Learning in Enhancing Learning Performance”.The International Journal of Research and Review.ISSN 2094-1420.Volume 6 Issue 1, March 2011.

Feist, Jess dan Gregory J. Feist.2013. Theories of Personality. Jakarta: Salemba Humanika.

Hidayati, Richma. 2013. “Model Bimbingan Kelompok Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Learning Motivation”. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang. ISSN 2252-6889 di Publikasikan November 2013.

Krause, Kerri-Lee dan Bochner, Sandra dkk. 2010. Educational Psychology for 

          Learning & Teaching Third Edition. Cengage Learning: Australia.

Nitya Apranadyanti, 2010. Hubungan antara regulasi diri dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa kelas X SMK Ibu Kartini Semarang  Eprints.undip.ac.id/10962/I/INTISARI.pdf. (diakses pada 08 Agustus 2015).

Pranoto, H., Atieka, N., Wihardjo, S. D., Wibowo, A., & Nurlaila, S. 2016.

Group guidance services with self-regulation technique to improve student learning motivation in Junior High School (JHS). Educational Research and Reviews, 11(24), 2146-2154.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok. Padang : Univeritas Negeri Padang.

Sardiman.2005. Interaksi &Learning Motivation Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J., L. 2008. Motivation in education

(3rd ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Merrill Prentice Hall.

Schunk, Dale H. dan Pintrich, Paul R. & Meece, J.,L. 2012. Motivasi dalam Pendidikan (Teori, Penelitian dan Aplikasi). Jakarta :  PT. Indeks.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitan kuantitatif, Kulitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitan kuantitatif, Kulitatif dan RND. Bandung: Alfabeta

Sri Endang. 2014. Program Bimbingan untuk Meningkatkan Learning MotivationMahasiswa. Bandung: Expository UPI.

Tylor 2012. Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas. Jakarta: Kencana.

Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang : UNNES Pers.

Winkel, W.S dan Hastuti,Sri M.M. 2010. Bimbingan dan Konseling di Institusi

          Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Zimmerman, B. J. 2001. A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology, 4, (2), 22-63.

Zimmerman, Barry J. 2008. Investigating Self-Regulation and Motivation: Historical Background, Methodological Developments, and Future Prospect”.American Educational Research. Am Educ Res J 2008; 45; 166 DOI: 10.3102/0002831207312909.