BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK REGULASI DIRI (SELF REGULATION) DALAM MENINGKATKAN LEARNING MOTIVATIONMAHAMAHASISWA PRODI BK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO
Dra. Hj. Nurul Atieka, M.Pd & hadi Pranoto, M.Pd,Retno Fajar Wati, M.Pd,Rio Septora, M.Pd (2016) Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Regulasi Diri (self Regulation) Dalam Meningkatkan Learning Motivationmahamahasiswa Prodi Bk Universitas Muhammadiyah Metro, LPPM UM Metro
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini: (1)
mengetahui Learning Motivationmahamahasiswa sebelum diberikan bimbingan
kelompok dengan teknik regulasi diri,(2) mengetahui Learning Motivationmahamahasiswasesudah
diberikan bimbingan kelompok dengan teknik regulasi diri, (3) mengetahui
efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik regulasi diriuntuk meningkatkan Learning
MotivationMahasiswa Prodi BK UM Metro UM Metro.Target tujuan jangka panjang
setelah penelitaian ini adalah menyusun
desain atau program dari model bimbingan kelompok dengan teknik regulasi
diri dalam meningkatkan learning
motivation untuk Tingkat Perguruan Tinggi.
Pengambilan sampel dalam
penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling berupa Simple
Random Sampling, yaitu pengambilan anggota sampeldari populasi dilakukan
secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.Subjek
penelitian adalah Mahamahasiswa Prodi BK UM Metrotanpa
mempertimbangkan kriteria tertentu. Alat ukur yang dipakai adalah skala Learning
Motivation(learning motivation).
Metode penelitian eksperimen one group pretest post test design. Hasil layanan
Bimbingan Kelompok dengan teknik regulasi diri dapat meningkatkan learning
motivation mahasiswa prodi BK UM Metro.
REFERENSI
Abdul, Agus
Rahman. 2013. Psikologi Sosial Integrasi
Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Atieka,
Nurul. 2015. Penelitian Dosen Pemula “Self Efficacy Panti Asuhan dan
Peningkatan Melalui Peningkatanya Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok. Dikti
PDP.
Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Eric C.
K. Cheng. 2011.”The Role of Self-regulated Learning in Enhancing Learning
Performance”.The International Journal of
Research and Review.ISSN 2094-1420.Volume 6 Issue 1, March 2011.
Feist,
Jess dan Gregory J. Feist.2013. Theories of Personality. Jakarta:
Salemba Humanika.
Hidayati,
Richma. 2013. “Model Bimbingan Kelompok Berbantuan Media Audio Visual untuk
Meningkatkan Learning Motivation”. Jurnal
Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang. ISSN 2252-6889 di
Publikasikan November 2013.
Krause,
Kerri-Lee dan Bochner, Sandra dkk. 2010. Educational
Psychology for
Learning
& Teaching Third Edition.
Cengage Learning: Australia.
Nitya
Apranadyanti, 2010. Hubungan antara regulasi diri dengan motivasi berprestasi
pada mahasiswa kelas X SMK Ibu Kartini Semarang
Eprints.undip.ac.id/10962/I/INTISARI.pdf. (diakses pada 08 Agustus
2015).
Pranoto, H., Atieka, N., Wihardjo, S. D., Wibowo, A., &
Nurlaila, S. 2016.
Group
guidance services with self-regulation technique to improve student learning
motivation in Junior High School (JHS). Educational Research and Reviews,
11(24), 2146-2154.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok. Padang : Univeritas Negeri
Padang.
Sardiman.2005. Interaksi
&Learning Motivation Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece,
J., L. 2008. Motivation in education
(3rd
ed.). Upper Saddle River, NJ:
Pearson Merrill Prentice Hall.
Schunk,
Dale H. dan Pintrich, Paul R. & Meece, J.,L. 2012. Motivasi
dalam Pendidikan (Teori, Penelitian dan Aplikasi). Jakarta : PT. Indeks.
Sugiyono,
2010. Metode Penelitan kuantitatif,
Kulitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono,
2011. Metode Penelitan kuantitatif,
Kulitatif dan RND. Bandung: Alfabeta
Sri Endang. 2014. Program Bimbingan untuk Meningkatkan Learning MotivationMahasiswa.
Bandung: Expository UPI.
Tylor
2012. Psikologi Sosial Edisi Kedua Belas.
Jakarta: Kencana.
Wibowo,
Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok
Perkembangan. Semarang : UNNES Pers.
Winkel,
W.S dan Hastuti,Sri M.M. 2010. Bimbingan
dan Konseling di Institusi
Pendidikan.
Yogyakarta: Media Abadi.
Zimmerman,
B. J. 2001. A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology, 4,
(2), 22-63.
Zimmerman,
Barry J. 2008. Investigating Self-Regulation and Motivation: Historical Background,
Methodological Developments, and Future Prospect”.American
Educational Research. Am Educ Res J 2008; 45; 166 DOI: 10.3102/0002831207312909.
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 06 November 2018 |
Last Modified | : | 06 November 2018 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/page/halaman/146 |