PENGARUH MOTIVASI KERJA, BUDAYA ORGANISASI, DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Suwarto (2016) Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, Dan Semangat Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada Universitas Muhammadiyah Metro

Jurnal Derivatif


File Pdf Download


ABSTRAK

ABSTRAK

Dalam melaksanakan kegiatan Universitas Muhammadiyah Metro memerlukan karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi, budaya  dan semangat kerja yang nyaman agar produktivitas kerja karyawan dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan oleh Organisasi atau Perguruan Tinggi itu, karena semakin banyaknya persaingan antara Perguruan Tinggi yang bergerak dibidang Akademik baik itu Perguruan Negeri Maupun Perguruan Tinggi Swasta yang berlomba-lomba mencari Mahasiswa yang berkualitas, tentunya diimbangi dengan pelayananan baik dibidang Akademik maupun keuangan.

Karyawan Universitas Muhammadiyah Metro meskipun belum dapat dikatakan memiliki produktivitas tinggi, kurang bersungguh-sungguh, masih terdapat yang bermalas-malasan dalam  menjalankana tugas ada yang belum optimal tetapi kemauan karyawan untuk bekerja sama antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lainnya saling menunjang. Setiap karyawan bekerja menyumbangkan tenaga dan pikirannya secara sukarela dan mau untuk saling membantu guna mencapai tujuan bersama. Produktivitas kerja karyawan tercermin pula dalam disiplin yang ditujukan oleh kesungguhan karyawan untuk mematuhi aturan kerja yang berlaku dan kemauan karyawan untuk bekerja sesuai dengan cara-cara yang ditentukan oleh Organisasi itu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui  variabel X1 terhadp X2, X2 terhadap X3, X1 terhadap X4, X2 terhadap X4, X3 terhadap X4 pada karyawan Universitas Muhammadiyah Metro, Permasalahan dalam penelitian ini adalah  Apakah Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Semangat Kerja, Apakah Budaya Organisasi berpengaruh terhadap Semangat Kerja, Apakah Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja, Apakah Budaya Organisasi berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja dan Apakah Semangat Kerja  berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja”., analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X1 terhadp X2, X2 terhadap X3, X1 terhadap X4, X2 terhadap X4, X3 terhadap X4 pada karyawan Universitas Muhammadiyah Metro.

Uji yang digunakan adalah validitas,  reliabilitas, normalitas dan linieritas dengan menggunakan analisis  Untuk menguji pengaruh variabel intervening digunakan metode analisis jalur (Path Analysis) analisis regresi untuk menaksir hubungan kausalitas antar variabel (model casual) yang telah menaksir hubungan sebab-akibat dan juga tidak dapat digunakan sebagai subtitusi bagi peneliti untuk melihat hubungan kausalitas antar variabel.Hubungan kausalitas antar variabel telah dibentuk dengan model berdasarkan landasan teoritis.

 

Kata Kunci : Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, dan Semangat Kerja Terhadap Produktivitas Kerja.



REFERENSI

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><xml> </xml>Azwar. 2000. Motivasi. [online]. Tersedia: http://edu.dzihni.com/2013/01/pengertian-motivasi-menurut-para-ahli.html

[18 Februari 2015]. https://www.scribd.com/doc/39752755/5/A-Pengertian-Semangat-Kerja.com        [30 Oktober 2014].

Nitisemito, Ales S. 2009. Pengertian Semangat kerja. [online]. Tersedia:

https://www.scribd.com/doc/39752755/5/A-Pengertian-Semangat-Kerja.com        [30 Oktober 2014].

Robins. 2002. Intisari Manajemen. Bandung : PT. Refika Aditama.

Suwatno dan Yuniarsih. 2008. Produktivitas Kerja. [online]. Tersedia:

http://liveintranet.blogspot.com/2014/03/pengertian-produktivitas-kerja-karyawan.html [18 Februari 2015].

Siswanto. 2000. Semangat Kerja. [online]. Tersedia:http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/27805/4/Chapter II.pdf [18 Februari 2015].

Tohardi, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Usman, Uzer Moh. 2000. Motivasi. [online]. Tersedia:

http://expresisastra.blogspot.com/2013/12/pengertian-motivasi.html

[18 Februari 2015].