ANALISIS KEMAMPUAN PENGGERAKAN PIMPINAN DAN PENGENDALIAN INTERNAL DENGAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI

Suharto (2014) Analisis Kemampuan Penggerakan Pimpinan Dan Pengendalian Internal Dengan Peningkatan Produktivitas Kerja Pegawai

Derivatif, Jurnal Manajemen, 8(1); 18-33


File Pdf Download


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh penggerakan pimpinan dan pengendalian internal dengan produktivitas kerja pegawai pada Kantor Dinas Tata Kota dan Pariwisata Kota Metro. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan penggerakan pimpinan dengan produktivitas kerja pegawai, ada hubungan yang signifikan antara pengendalian internal dengan produktivitas kerja pegawai, dan ada hubungan yang signifikan antara penggerakkan pimpinan dan pengendalian internal secara bersama-sama dengan produktivitas kerja pegawai pada Kantor Dinas Tata Kota dan Pariwisata Kota Metro. Berdasarkan dari hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggerakan pimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa koefisien determinasi sebesar 0.389, yang berarti bahwa penggerakan pimpinan berarti mampu menjelaskan 38,9 persen produktivitas, sedangkan 61,1 persen dijelaskan oleh faktor lain. Hasil analisis menyimpulkan adanya pengaruh antara pengendalian internal terhadap produktivitas kerja pegawai. Hasil koefisien determinasi sebesar 0.548, menunjukkan bahwa pengendalian internal mampu menjelaskan 54,8 persen variabel produktivitas, sedangkan 41,6 persen dijelaskan oleh faktor lain diluar model.
Hasil analisis menyimpulkan adanya pengaruh antara pengendalian internal dan penggerak pimpinan terhadap produktivitas kerja pegawai secara bersama-sama. Koefisien determinasi sebesar 0.595 berarti pengendalian internal dan penggerak pimpinan mampu menjelaskan 59.5 persen variabel produktivitas, sedangkan 40,5 persen dijelaskan oleh faktor lain diluar model.
Key Word: Penggerakan Pimpinan, Pengendalian Internal, Produktivitas Kerja.


REFERENSI

  1. Nitisemito, Alek S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Handoko, T. Hani. (2001). Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: Badan Peneribit Fakultas Ekonomi.
  3. Hasibuan, Malayu SP. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Hasan, Iqbal. (2004). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alvabeta.
  5. Manullang. (2001). Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: Refika Aditama.
  6. McNeese-Smith, Donna. (1996). Increasing employee productivity, job satisfaction, and organizational commitment. Hospital & Health Services Administration41.2 (Summer).
  7. Widiyanti, Ninik. (2007). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Jakarta: PT. Bumi Aksara,
  8. Riduwan. (2012). Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu.
  9. Sawyer, Lawrence B. & Dittenhover, Mortimer A. (2003). Sawyer’s Internal Auditing. Florida: The Institute of Internal Auditors.
  10. Sedarmayati. (2001). Manajemen Kinerja Pegawai. Jakarta: PT. Bumi Aksara,
  11. Sinungan. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
  12. Sugiyono. (2008). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alvabeta.
  13. Sukarna. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu.
  14. Widjaja, A.W. (2001). Pengantar Manajemen, Yogyakarta: Graha Ilmu.