PENGARUH PELAYANAN ADMININSTRASI PERIZINAN TERPADU (PAPT) KOTA METRO TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA METRO

Suharto & Suwarto (2013) Pengaruh Pelayanan Admininstrasi Perizinan Terpadu (papt) Kota Metro Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Metro

Derivatif, Jurnal Manajemen, 7(2); 1-11


File Pdf Download


ABSTRAK

Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan Terpadu (PAPT) Kota Metro adalah Dinas Instansi yang bergerak mengelola urusan daerah berdasarkan aspirasi masyarakat setempat terutama tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian tentang “Pengaruh Pelayanan Admininstrasi Perizinan Terpadu (PAPT) Kota Metro Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Metro, metode yang digunakan adalah riset kepustakaan, riset lapangan antara lain wawancara, observasi, dan lapangan. Adapun permasalahan yang dihadapai adalah Bagaiman pengaruh pelayanan administrasi perizinan terpadu Kota Metro (PAPT) terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Metro”. Hipotesis yang diajukan adalah “Pengaruh retribusi pelayanan administrasi perizinan terpadu Kota Metro terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Metro masih rendah. Alat analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif.
Pengujian hipotesis koefisien regresi secara menyeluruh tarhadap R2 atau koefisien determinasi, dilakukan untuk mencari apakah ada pengaruh antara variabel bebas secara bersama-sama terhadap variable terikat pada tingkat kepercayaan 95%.
Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh R2 = 0,667. Artinya besarnya sumbangan variabel Pelayanan Perizinan terhadap variabel Pendapatan Asli Daerah sebesar 66.7 %, dan sisanya sebesar 33.3 % disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model.


REFERENSI

  1. Boediono, B. (2003). Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  2. Ikatan Akuntansi Indonesia, 2004. Jakarta.
  3. Sugiyono. (2005). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  4. Supranto, J. (2008). Statistika Teori dan Aplikasi, edisi ketujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga
  5. Tjokroamidjojo, Bintoro. (1979). Dasar-dasar Keuangan. Jakarta: Penerbit UI.
  6. Undang-undang No. 32 Tahun 2004.
  7. Undang-undang No. 34 tahun 2000.
  8. Undang-undang No. 5 Tahun 1974.
  9. Devano & Rahayu. (2006). Perpajakan: Konsep, Teori, dan Isu. Jakarta: Kencana.