ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KEPUASAN KERJA UNTUK MENINGKATKAN KINERJAKARYAWAN DI RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH METRO

DIDIEK WIJAYA A. (2018) Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Untuk Meningkatkan Kinerjakaryawan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Metro

Jurnal Derivatif


File Pdf Download


ABSTRAK


Industri layanan medis saat ini semakin kompetitif. Hal ini mendorong rumah sakit rumah sakit untuk lebih meningkatkan kinerjanya. Tak terkecuali Rumah Sakit Muhammadiyah Metro. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan kinerja karyawan dengan meningkatkan kepuasan kerja. Permasalahan dalam penelitian ini ada untuk mengetahui apakah pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan di Rumah Sakit Muhammadiyah Metro.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh budaya organisasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan di Rumah Sakit Muhammadiyah Metro. Penelitian ini menggunakan sampel karyawan sebanyak 93 dari populasi 170 karyawan. Penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equestions Modeling). Dari hasil pengujian yang telah dilakukan diketahui bahwa (1). budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerjadan kinerja karyawan, (2). gaya kepemimpinan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, tetapi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (3). Kepuasan kerja tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

 

Keyword: Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan.



REFERENSI


Cahyono, Suharto, 2008,“Pengaruh Budaya Organisasi Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Sumberdaya Manusia Di Sekretariat DPRD Propinsi Jawa Tengah,JRBI, Vol.1.

Denison dan Misra, 2005, “ Toward of Organizational Culture and Effectiveness”, Organization Science, Vol. 6, No. 2, March-April.

Dessler, Garry, 2012,”Manajemen Personalia”, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dessler,Garry, 2010, “Manajemen SumberDayaManusia”,PT Prenhalindo, Jakarta.

Grenberg dan Baron, 2000,“AssesingConstruct Validity in Organizational Researh, Administrative Scince Quartely.

Guritno, Waridin, 2005, “Pengaruh Persepsi Karywan Mengenai Perilaku Kepemimpinan Kepuasan Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerja”,JRBI, Vol.1.

Imam Ghozali, 2011. “ Aplikasi data SPSS dan Terapan”. UNDIP, Semarang.

Lodge B. dan C. Derek, 1993, “Organizational Behavior and Design”. Terjemahan Sularno Tjiptowardoyo, Gramedia, Jakarta.

Mas’ud, 2004, “Survey Diagnosis Organizational”, Undip, Semarang. Nurhayati.

Robbins, Stephen, 2006, “Perilaku Organisasi”, Prentice Hall, edisi kesepuluh

Surbekti, 2013, “ Manajemen Sumber Daya Manusia”. PT. Pernhalindo, Jakarta

Sugiyono, 2016, “Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Waridin dan Masrukhin, 2006, “Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, budaya Organisasi, dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai”, Ekobis, Vol.7, No.2.

Yulk, 2007, “Management Leadership: A Review of Theory and Research”, Journal of Management, Vol.15 No.2, State University of New York


at Albany, p. 251-289


DOI: 10.24127/jm.v12i2.294 <svg xmlns="http://www.w3.org/2000/svg" viewBox="0 0 600 600"> </svg>