PENGARUH EKUITAS MEREK, MOTIVASI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Dian Oktarina (2018) Pengaruh Ekuitas Merek, Motivasi Dan Keputusan Pembelian Terhadap Kepuasan Konsumen

Jurnal Derivatif


File Pdf Download


ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengukur tingkat Kepuasan Konsumen yang akan berdampak pada Keputusan Pembelian. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumen didalam melakukan pembelian, pada umumnya konsumen akan melakukan alternatif pilihan berdasarkan ekuitas merek, dan motivasi (kebutuhan). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh ekuitas merek, motivasi, dan keputusan pembelian terhadap Kepuasan Konsumen.


Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui metode survai dengan pendekatan kuantitatif kausal, terhadap 41 orang responden konsumen di Kota Metro dengan menggunakan metode accidential sampling. Kemudian dilakukan analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan linearitas sebagai persyaratan Analisis Jalur (part analysis),dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (part analysis) yang digunakan untuk mengetahui apakah data mendukung teori yang mencakup structural antar variabel terukur.


            Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Analisis Jalur (Part Analysis) diperoleh ekuitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 0,082 atau 8,29%, motivasi konsumen berpengaruh langsung positif yang paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 0,501 atau 50,16%, keputusan pembelian berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,150 atau 15,05%, ekuitas merek berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,016 atau 1,69% dan motivasi konsumen berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan konsumen sebesar 12,39 atau 12,39%.


 


Kata kunci :Ekuitas Merek, Motivasi, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen



REFERENSI

Abdurahman, Maman dan Sambas Ali Muhidin. 2011.“Dasar-Dasar Metode Statistika”. Cetakan pertama. CV PUSTAKA SETIA, Bandung

Kolter, Philip.2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Bumi aksara ,Jakarta

Kolter, Philip dan AB. Susanto, 2001.Manajemen Pemasaran Indonesia. Buku 2. Selemba empat, Jakarta

Kolter Philip. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. Prenhalindo, Jakarta

Kurniawati, isna. 2011. “ Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Prilaku konsumen dalam memilih bus malam cepat P.O PUTRA REMAJA CABANG METRO.”

Mowen . H. 2002. Prilaku Konsumen. Jilid 1.Penerbit.Andi , Yogyakarta

Mustika, ayu.2012.”Pengaruh Ekuitas Merek Minuman Berkarbonasi Coca-Cola Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen PB Swalayan Metro)”.

Rismiati, catur & Bondan Sutrisno.2001. Pemasaran Barang dan Jasa. Kasinus, Jakarta

Singarimbun, M. & Effendi S.1995. Metode Penelitian Survey. LP3S. Jakarta

Stevanus Bayu Satriawan (2 Maret 2012). Graduated student of MB-IPB Class of 39e ekuitas merek (brand equity).Tersedia :

(http://stevanus39e.blogstudents.mb.ipb.ac.id/2012/03/02/ekuitas -merek-brand-equity/)

Student Journalism.(May 23 rd, 2011).Pengertian Merek. Tersedia :

(http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/05/pengertian -merek/).

Tjiptono, Fandy.2011. Manajemen & Startegi Merek. Seri Manajemen Merek Satu. Andi. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy .2002.Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan ke enam. Yogyakarta