PENGEMBANGAN DAN TELAAH BIOLOGI SMA

Muhfahroyin (2018) Pengembangan Dan Telaah Biologi Sma

Alfabeta


File Pdf Download


ABSTRAK

<!--[if gte mso 9]><xml> 144 </xml><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><xml> </xml> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman",serif;} </style> Kurikulum yang digunakan oleh negara kita telah lama mengalami pengembangan demi mencapai suatu perbaikan kualitas pendidikan. Kurikulum yang digunakan di sekolah saat ini telah mengalami pengembangan sejak dilaksanakannya rencana pembelajaran 1947 sampai yang digunakan di sekolah saat ini yaitu kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kurikulum 2013 merupakan kurikulum tingkat satuan pendidikan hasil pengembangan dari kurikulum sebelumnya yaitu KTSP 2006.  Pengembangan kurikulum 2013 yang dilakukan berlandaskan pada pengembangan karakter peserta didik. Selain memiliki kemampuan dalam bidang akademik peserta didik diharapkan memiliki karakter yang baik. Pengembangan K13 yang telah dimulai sejak tahun 2013 mengalami banyak perbaikan sampai revisi terakhir yang disahkan pada tahun 2016 .

Hadirnya kurikulum 2013 merupakan bentuk penyempurnaan terhadap kurikulum 2006 yang mencakup perubahan aturan dari 4 elemen standar yaitu standar kegiatan pembelajaran yaitu kompetensi inti kelulusan (SKL), Standar Isi (SI), standar proses, standar penilaian, serta komponen kompetensi yang harus dicapai peserta didik (KI dan KD).  Kompetensi inti lulusan (SKL) yaitu konsep peningkatan dan keseimbangan antara softskill dan hardskill yang harus dikuasai peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan dari semua mata pelajaran yang diajarkan. Standar isi merupakan elemen yang mencakup pencapaian kompetensi. Kompetensi yang harus dikuasai peserta didik selanjutnya akan diturunkan dalam bentuk mata pelajaran. Standar proses dalam KTSP 2006 yang terfokus pada proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi (EEK) dalam kurikulum 2013 dilengkapi dengan proses pendekatan ilmiah (Scientific approach). Standar penilaian dalam kurikulum 2013 merupakan proses penilaian berupa penilaian otentik yang meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan (Nur, 2014).


REFERENSI

<!--[if gte mso 9]><xml> 144 </xml><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><xml> </xml> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman",serif;} </style>

Ahern-Rindell, A.J. 1999. Applying Inquiry-Based and Cooperative Group Learning Strategies to Promote Critical Thinking. Journal of College Science Teaching (JCST), 28(3):203-207.

Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman.

Ardana, W. 2005. Konstruktivisme dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Makalah disajikan pada Seminar dan Lokakarya Pembelajaran Berbasis Konstruktivis di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang, Malang, 22 Juni 2005. 

Arends, R.I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. New York: Mcgraw Hill.

Ausubel, D.P. 1968. Educational Psichology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Bloom et al. (1956). Taxonomy of educational objectives: the classification of educational goals. New York: McKay.

 

Borg, W.R. and Gall, M.D. 2003. Educational Research An Introduction. London: Longman, Inc.

 

BSCS. 1992. Science for Life and Living. Dubugure: Kendall/Hunt.

Campbell, N.A.,Reece,J.B., Mitchell, L.G. 2002. Biologi Jilid 1. Terjemahan oleh Rahayu Lestari dkk. Jakarta: Erlangga.

                       . 2002. Biologi Jilid 2. Terjemahan oleh Rahayu Lestari dkk. Jakarta: Erlangga.

                        . 2002. Biologi Jilid 3. Terjemahan oleh Rahayu Lestari dkk. Jakarta: Erlangga.

Chiappetta, E.L. 1976. A Review of Piagetian Studies Relevant to Science Instruction at the Secondary and College Level. Science Education 60(2): 253-261. Houston: University of Houston.

Corebima, A.D. 2005. Pemberdayaan Berpikir Siswa pada Pembelajaran Biologi: Satu Penggalakan Penelitian Payung di Jurusan Biologi UM. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, Malang,  3 Desember 2005. 

Depdiknas. 2002a. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

Depdiknas. 2002b. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill) melalui Pendekatan Broad-Based Education (BBE). Jakarta: Tim Broad-Based Education Depdiknas.

Depdiknas. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2006c. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: BSNP Depdiknas.

Dick, W. and Carey, L.  1990. The Systematic Design of Intruction. New York : Harper Colling Publisher.

Faryadi, Q., Bakar, Z.A., Maidinsah, H., Muhammad, A. 2007. Welcome Constructivism, Bye-bye Every Ism. Procedding of SEAMEO RECSAM CosMed International Conference. SEAMEO RECSAM, Malaysia, Nopember 13-16, 2007.

Hadiat. 1994. Pendidikan Sains, Teknologi, dan Masyarakat di Indonesia. Bandung: Pusat Pengembangan Penataran Guru Ilmu Pengetahuan Alam.

Halpern, D. 1994. Changing College Classrooms: New Teaching and Learning Strategies for an Increasingly Complex World. Jossy-Bass Publishers.

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, M., Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Isjoni. 2007. Paradigma Pembelajaran Bermakna. Bandung: Falah Production.

Joyce, B., Weil, M. and Calhoun, E. 2004. Models of Teaching. 7th  Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Keller, J. M. 1987. Development and Use of the ARCS Model of Instructional Design. Journal of Instructional Development, Vol. 10, No. 3, 2-10. Florida: Florida State University.