MEMADUKAN ALAT PERAGA DAN ANALOGI SEBAGAI UPAYA MENERAPKAN INKUIRI DALAM PERKULIAHAN KONSEP ABSTRAK LISTRIK-MAGNET

Nyoto Suseno, Purwiro Harjati & Partono (2011) Memadukan Alat Peraga Dan Analogi Sebagai Upaya Menerapkan Inkuiri Dalam Perkuliahan Konsep Abstrak Listrik-magnet

Jurnal Nuansa Pendidikan Vol.15 No. 1 Um Metro


File Pdf Download


ABSTRAK

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><xml> </xml> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style>

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan penerapan inkuiri dalam perkuliahan listrik-magnet menggunakan alat peraga dilengkapi analogi pada program lesson study. Penelitian awal dilakukan pada beberapa program studi pendidikan fisika LPTK di Jawa dan Sumatra untuk memotret penerapan inkuiri dalam perkuliahan listrik-magnet.  Pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Data dianalisis secara kualitatif dengan tahapan: transkripsi, tabulasi, pengkodean, deskripsi dan menghubungkannya untuk mendapatkan tema sesuai fokus penelitian. Temuan dalam penelitian awal menunjukkan bahwa dosen mengalami kesulitan dalam menerapkan inkuiri pada perkuliahan listrik-magnet, dikarenakan konsep listrik-magnet abstrak. Selanjutnya dilakukann pengembangan pembelajaran dengan menggunakan analogi untuk mengatasi masalah konsep yang abstrak. Penggunaan analogi menunjukkan adanya peningkatan proses inkuiri (57%) meskipun belum maksimal. Rancangan pembelajaran selanjutnya diperbaiki dengan tetap menggunakan analogi, tetapi dipadu dengan alat peraga dan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), serta mengoptimalkan metode diskusi kelompok. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan perkuliahan tersebut menunjukkan peningkatan proses inkuiri yang cukup signifikan (97%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan inkuiri dalam perkuliahan listrik-magnet dapat dioptimalkan dengan menggunakan alat peraga yang dipadukan dengan analogi dan dilengkapi dengan LKM, serta menggunakan metode kelompok.  

 

Keywords: inkuiri,konsep abstrak, analogi, alat peraga & listrik-magnet


REFERENSI

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><xml> </xml> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style>

Aulls, M. W. & Shore, B. M. (2008. Inquiry in Education: The Conceptual Foundations for Research as a Curricular Imperative. Volume 1. New York: Lawrences Erlbaum Associates.

Buck, G. A. et al. (2007). “Learning How to Make Inquiry into Electricity and Magnetism Discernible to Middle Level Teachers”. Journal of Science Teacher Education. 18, 377 - 397.

Demirci, N. dan Cirkinoglu, A. (2004). “Ditermining Students' Preconception/Misconceptions in Electricity and Magnetism”. Journal of Turkish science education. 1, (2), 50- 54.

Engelhardt, P.V. & Beichner, R. J. (2004). “Students' Understanding of Direct Current Resistive Electrical Circuits”. American Journal Physics. 72, (1), 98 - 115.

Maloney, D. P. et al. (2001). “Surveying Student's Conceptual Knowledge of Electricity and Magnetism”. American Journal Physics. 69, (7), 12 - 23.

Mukhopadhyay, S. C. (2006). “Teaching electromagnetics at the undergraduate level: a comprehensive approach”. European Journal of Physics. 27, 727-742.

Narjaikaew, P. et al. (2005). Year-1 Thai University Students’ Conceptions of Electricity and Megnetism. Physics Educational Network of Thailand (PENThai) and The Centre for science and Technology Education Research (CSTER).

Norlander-Case, K. et al. (1998). “The role of collaborative inquiry and reflective practice in teacher preparation”. The Professional Educator. 21, (1), 1–14.

NRC. (1996). National Science Education Standars. Washington, D.C.: National Academy Press.

NSTA. (1998). Standards for Science Teacher preparation. NSTA in collaboration with the Association for the Education of Theachers in Science.

Planinic, M. (2006). “Assessment of Difficulties of Same Conceptual areas from Electricity and Magnetism Using The Conceptual Survey of Electricity and magnetism”. American Journal of  Physics. 74, (12), 1143 – 1148.

Singh, C. (2006). “Student Understanding of Symmetry and Gauss’s Law of Electricity”. American Journal Physics. 74, (10), 923 – 936.