HUBUNGAN NILAI KURS RUPIAH TERHADAP FLUKTUASI IHSG DI BURSA EFEK INDONESIA DITENGAH INFORMASI DALAM MENGHADAPI MEA 2015

Febriyanto (2015) Hubungan Nilai Kurs Rupiah Terhadap Fluktuasi Ihsg Di Bursa Efek Indonesia Ditengah Informasi Dalam Menghadapi Mea 2015

Jurnal Derivatif Manajemen


File Pdf Download


ABSTRAK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan antara kurs rupiah terhadap IHSG di BEI ditengah informasi menghadapi MEA tahun 2015. Data yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah data IHSG, Kurs Dollar terhadap Rupiah yang dibatasi pada data penutupan tiap akhir-akhir bulan selama periode amatan antara Oktober 2014 - September 2015. Alasan pemilihan periode tahun yang digunakan adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai dengan keadaan sekarang ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis Korelasi sederhana.

Analisis korelasi digunakan untuk menguji hubungan antara kurs rupiah terhadap IHSG. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ”Kurs Rupiah berpengaruh negatif terhadap IHSG”. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh hasil bahwa hipotesis tersebut terbukti. Hasil menunjukkan bahwa ketika nilai kurs rupiah terdepresiasi maka IHSG akan melemah. Selama periode pengamatan sendiri, diperoleh hasil bahwa nilai kurs rupiah dipertahankan oleh Bank Indonesia dalam kisaran 9.808,60 - Rp. 10.709,13 per dollar Amerika Serikat. Nilai Kurs Rupiah yang relatif stabil ini menunjukkan bahwa prospek perekonomian Indonesia cukup baik. Kondisi ditengan informasi adanya pemberlakukan MEA ternyata tidak serta merta membuat aktivitas perekonomian menjadi terpengaruh secara signifikan. Hal ini tercermin dari kenaikan IHSG selama periode pengamatan.


Keywords: IHSG, Kurs Rupiah, Perekonomian.