LEADERSHIP STYLE IN CHARACTER EDUCATION AT THE DARUSSALAM GONTOR ISLAMIC BOARDING TERAKREDITASI DIKTI, JURNAL AL-ULUM KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI NO.58/DIKTI/KEP/2013, ISSN 1412-0534 DAN E-ISSN 2442-8213

Muhammad Ihsan Dacholfany (2015) Leadership Style In Character Education At The Darussalam Gontor Islamic Boarding Terakreditasi Dikti, Jurnal Al-ulum Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.58/dikti/kep/2013, Issn 1412-0534 Dan E-issn 2442-8213

Jurnal Al-ulum-lp2m Iain Sultan Amai Gorontalo - Terakreditasi Dikti Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No.58/dikti/kep/2013 No,58/dikti/2013


File Pdf Download


ABSTRAK

Pesantren (Islamic Boarding) is the oldest educational institution in Indonesia which
has a role in character education. The main purpose of this study was to understand
leadership style of teachers (clerics) in character education as well as the process to
produce competent believers. Religio-paternalistic leadership is based on the value of
total admission of religious and educational methods, with emphasis on the application
of knowledge resulting believers’ faith and fear of Allah guided by the Qur'an and
Sunnah. To obtain data, the author employed interview, observation and documenter.
The Darussalam Gontor Islamic Boarding School in East Java was the field-site of this
research.
Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan paling tua di Indonesia memegang
peran penting dan strategis dalam pendidikan karakter. Artikel ini bertujuan untuk
memahami gaya kepemimpinan (kyai) dalam pendidikan karakter serta prosesnya
sehingga dapat menghasilkan mu’min yang kompeten. Kepemimpinan religiopaternalistic
didasarkan atas nilai-nilai keagamaan dan metode pendidikan totalitas.
Totalitas dalam mengutamakan pengaplikasian semua ilmu pengetahuan sehingga
menghasilkan mukmin yang beriman dan bertakwa kepada Allah Swt. dengan
berpedoman pada al-Qur’an dan as-Sunnah. Penulis focus pada pendidikan karakter
berbasis pesantren. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah wawancara, observasi dan documenter. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren
Darussalam Gontor, Jawa Timur Indonesia
Keywords: Leadership; Education; Character