REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI: SEBUAH TANTANGAN DAN HARAPAN, JURNAL AKADEMIKA TERAKREDITASI NASIONAL SK KEMENDIKBUD NO.040/P/2014I: ISSN 1693-069X DAN E-ISSN 2356-2420

Muhammad Ihsan Dacholfany (2015) Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi: Sebuah Tantangan Dan Harapan, Jurnal Akademika Terakreditasi Nasional Sk Kemendikbud No.040/p/2014i: Issn 1693-069x Dan E-issn 2356-2420

Pusat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Stain Jurai Siwo Metro


File Pdf Download


ABSTRAK

Abstrak
Artikel ini membahas tentang Pendidikan Islam yang mendapat berbagai tantangan krusial di era globalisasi. Pendidikan Islam menempati posisi yang penting dalam kehidupan globalisasi, sebab globalisasi itu sendiri mempunyai pengaruh positif dan negatif pada pendidikan Islam. Untuk itu, reformasi pendidikan Islam dapat mengupayakan membangkitkan kembali visi pendidikan Islam yang lebih baik untuk membangun dan meningkatkan mutu manusia dan masyarakat Muslim di era globalisasi dengan tetap merujuk kepada al-Qur’an dan as-Sunnah sebagai sumber ajarannya. Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan reformasi pendidikan Islam dalam menghadapi era globalisasi. Data dalam tulisan ini merupakan data kepustakaan yang yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi dapat menjadi peluang dan menjelma sebagai tantangan bagi pendidikan Islam. Arus globalisasi bukan lawan atau kawan bagi pendidikan Islam, melainkan sebagai dinamisator. Jika pendidikan Islam mengambil posisi anti global, maka akan stagnan tidak bergerak dan pendidikan Islam akan mengalami penghambatan intelektual. Sebaliknya bila pendidikan Islam terseret oleh arus global, tanpa daya identitas keislaman sebagai sebuah proses pendidikan akan dilindas. Maka pendidikan Islam harus memposisikan diri dengan menakar arus global, dalam arti yang sesuai dengan pedoman dan ajaran nilai-nilai Islam agar bisa direformasi, diadopsi dan dikembangkan.
Kata Kunci: Reformasi, pendidikan Islam, tantangan dan harapan.
Abstract
This writing discusses about islamic education which gets some crusial challenges in globalization era. Islamic teaching plays important role in globalization. Since globalization itself has possitive also negative in islamic teaching and training. Thus, reformation of islamic teaching could strive for raising better vision of islamic teaching for building and upgrading quality of human being and moslem society in globalization that ought to refer to both Al Koran and Al Hadith as source of its teaching. The goal of this
174 AKADEMIKA, Vol. 20, No. 01 Januari – Juni 2015
current research is to describe reformation of islamic teaching in facing globalization. Data of this paper
is literature fact which is analyzed through descriptive. The result of this writing shows that globalization
can be opportunity and also challenge for islamic teaching. The stream of globalization is not an opponent
or companion for islamic teaching, on the other hand being as motivator. If islamic teaching takes position
non global, it will not move and it will undergo blocking of intellectual. On the contrary, if islamic teaching
involves to globaliztion era, islamic identities will be gone. Thus, islamic teaching ought to take part to
measure globalization era, it means by oreintation and values of islamic teaching in order to could be
reformed, adopted and developed.
Keywords: Reform, Islamic education, challenges and expectations.