FAMILY BUSSINESS SUCCESSION PLANNING A CASE STUDY IN RICE MILL INDUSTRY

Andiana Rosid, S.E., M.M. (2016) Family Bussiness Succession Planning A Case Study In Rice Mill Industry

Fe Um Metro


File Pdf Download


ABSTRAK

Kajian perusahaan atau bisnis keluarga merupakan sebuah kajian yang dapat dikatakan baru di Indonesia, meskipun pada dasarnyabukan sebuah kajian yang benar-benar baru.Studi pada perusahaan keluargatelah lama diperkenalkan sejak akhir 70an (Wortman, 1994)dan terus digali hingga saat ini di berbagai negara.Perusahaan keluarga telah disepakati sebagai sebuah organisasi bisnis yang unik dan berbeda dengan perusahaan (non-keluarga) pada umumnya(Chua, et.al, 1999; Sharma, 2003).Satu hal umum yang dianggap menjadi sebuah keunikan perusahaan keluarga adalah, unsur keterlibatan (anggota) keluarga yang memiliki pengaruh terhadap kehidupanperusahaan, bahkan dapat menentukan ekonomi sebuah negara.


Perusahaan keluarga umumnya didirikan oleh seorang entrepreneur, sebagian besar diantaranya berangkat dari usaha skala mikro, kemudian tumbuh menjadi besar, dan dapat diwariskan kepada generasi berikutnya.Beragam alasan seseorang memilih untuk menjadi seorang pengusaha.Diantara alasan tersebut diantaranya; menghidupi keluarga, aktualisasi diri, kebebasan dalam mencari kehidupan, dan lain sebagainya.Oleh karenanya wajar jika perusahaan keluarga (family business atau family firm) merupakan bentuk paling umum dari organisasi bisnis di dunia.



REFERENSI

Daftar Pustaka


Adizes, I. (1979).Organizational passages—diagnosing and treating lifecycle problems of organizations. Organizational dynamics8(1), 3-25.


Aronoff, C. E.,&Ward, J. L. (1997).Preparing your family business for strategic change. Family Business LeadershipSeries, 9. Marietta, GA: Business Owner Resources.


Aronoff, C. E., McClure, S. L., & Ward, J. L. (2011). Family business succession: The final test of greatness. Palgrave, MacMilan.


Barth, E., Gulbrandsen, T., & Schone, P. (2005). Family ownership and productivity: The role of ownermanagement. Journal of Corporate Finance, 11: 107–127.


Bungin, B. (2010). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Humaniora. Jakarta: Predana Group.


Carlock, R., & Ward, J. (2001). Strategic planning for the family business: Parallel planning to unify the family and business. Springer.


Carney, M., & Gedajlovic, E. (2002). The coupling of ownership and control and the allocation of financial resources: Evidence from Hong Kong. Journal of Management Studies, 39: 123–146.