REKONSTRUKSI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) SEBAGAI STRATEGI IMPLEMENTASI SISTEM AKUNTANSI BERBASIS AKRUAL DI PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG

Yulita Zanaria, S.E., M.Si., Akt., CA. & Suyanto, S.E, M.Si., Akt., CA. (2016) Rekonstruksi Technology Acceptance Model (tam) Sebagai Strategi Implementasi Sistem Akuntansi Berbasis Akrual Di Pemerintah Provinsi Lampung

Hasil Penelitian


File Pdf Download


ABSTRAK

Sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun tentang Standar Akuntansi Pemerintahan mengunakan akrual basis, menjelaskan bahwa batas waktu penerapan sistem akuntansi akrual secara penuh (full accrual) paling lambat 5 tahun sejak diterbitkan.  Namun hingga batas waktu yang ditetapkan, pemerintah Provinsi Lampung masih banyak kendala yang dihadapi sehingga sampai saat ini belum bisa menerapkan secara penuh dan masih menggunakan sistem akuntansi basis kas menuju akrual (cash toward accrual). Model Technology Acceptance Model (TAM) dalam implementasi sistem karena konsep tersebut dianggap paling baik dalam menjelaskan perilaku user atau pemakai terhadap sistem teknologi informasi baru. Namun, penerapan TAM selama ini masih terbatas pada variabel inti dan perlu mempertimbangkan beberapa faktor yang mengacu pada situasi di pemerintahan propinsi Lampung.

Identifikasi kendala aparat pemerintah daerah yang terlibat dalam rekontruksi rancangan dan implementasi sistem akuntansi berbasis akrual menggunakan metode deskriptif kualitatif serta analisis SWOT. Analisis data dalam rekonstruksi model adalah Structural Equation Model (SEM) dengan program AMOS. Analisis ini ditujukan untuk memperoleh bukti empiris mengenai konsep Technology Acceptance Model (TAM) mampu menjelaskan perilaku user dalam penerimaan implementasis sistem akuntansi berbasis akrual di Pemerintah Provinsi Lampung.

Luaran penelitian tahun pertama berupa buku tentang peta kesiapan implementasi sistem akuntansi berbasis akrual dan teridentifikasinya kendala-kendala di Pemerintah Provinsi Lampung. Sedangkan untuk tahun kedua berupa model fit TAM dalam implementasi sistem akuntansi berbasis akrual yang terpublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional ber-ISSN.