SALINGTEMAS APPROACH (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) IN BIOLOGY LEARNING

HARMOKO (2016) Salingtemas Approach (science, Environment, Technology And Society) In Biology Learning

Lembaga Penelitian Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

SALINGTEMAS approach is a combination of STS (Science, Technology and Society) and EE (Environmental Education). In abroad, the approach is known as SALINGTEMAS (Sc ience, Education, Technology and Society) otherwise in Indonesia, it is known as SALINGTEMAS. The main characteristic of SALINGTEMAS is learning something based on the problems and the issues faced by students in everyday life that contains components of s cience and technology. SALINGTEMAS tries to provide an understanding of the role of the environment on science, technology and society, and the other way. There are four phases in learning using SALINGTEMAS approach, namely: invitation phase, exploration, suggest of explanations and solutions as well as take action. In the teaching biology process, this approach is associated with the elements of environment, technology and society integratively. There are so many topics or biological problems that can be s olved using SALINGTEMAS approach.

Keywords : SALINGTEMAS, Learning, Biology

REFERENSI

THE 1 st ICONLEE The First International Conference on Law, Economics and Education Muhammadiyah University of Metro, Indonesia 21 │E DUCATION REFERENCE [1]. Undang - Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. [2]. ] Nuryanto dan Binadja, A . 2010. Efekti vitas Pembelajaran Kimia dengan Pendekatan SALINGTEMAS Ditinjau dari Minat dan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 4, No.1, 2010, hlm 552 - 556. [3]. Imaduddin, M. 2013. Modul Q - SALINGTEMAS ” sebagai Rekayasa Bahan Ajar Kimia yang B ermuatan Quantum Learning dan Bervisi SALINGTEMAS. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, Vol 01 No 01 Oktober 2013 . [4]. Arfiana, D. 2009. Profil Ketuntasan Belajar Ditinjau Dari Pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap Pencapaian K riteria Ketuntasan Minimal (KKM) Biologi Peserta didik Kelas VIIA di SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2008/2009 . Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. [5]. Rustaman, N. Y., et al. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi . Common Textbook . IMSTEP JICA . Malang: UM Press. [6]. Sumintono, B. 2008. Mengemas Sains, Teknologi, dan Masyarakatdalam Pengajaran Sekolah. Diakses pada tanggal 29 Oktober 2016 di http://deceng.wordpress.com,/ [7]. Utomo, P. 2008. Pembelajaran Fisika dengan PendekatanSALINGTEMAS. Diakses pada tanggal 29 Oktober 2016 di ( http://ilmuwanmuda.wordpress.com/pmbljrn - fsk - dgn - pndktn - SALINGTEMAS/ [8]. Wasis , F.H. 2015. Pengembangan E - Book Interaktif Berbasis SALINGTEMAS (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik dan Penerapannya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) Vol. 04 No. 02, Mei 2015, 69 - 75 ISSN: 2302 - 449 6. [9]. Parnayathi , I.S. 2015. Implementasi Pendekatan SALINGTEMAS dalam Model Problem Based Learning Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains - Teknologi pada Peserta didik Kelas IXC SMP Negeri 3 Banjarangkan Tahun Pelajaran 2013/201 4. Jurnal Ilmiah Pendidikan (JIP) PGRI Klungkung Vol. 1, No. 1, November 2015 ISSN Nomor : 2477 - 3263 65. [10]. Suriyanto dan Syaiful, R.A. 2015. Penerapan Pendekatan SALINGTEMAS untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 9, N o. 1, 2015, hlm 1421 - 1430 . [11]. Binadja, A. 1999. Hakekat dan TujuanPendidikan SALINGTEMAS dalamKonteks Kehidupan dan Pendidikan yangAda . Makalah Disajikan dalam Seminar Loka Karya Pendidikan SALINGTEMAS, Kerja Sama antara SEAMEO RECSAM dan UNNES, 14 - 15 Des ember 1999. [12]. Paramayanti, I., dan Fitrihidayati, H. 2014. Pengembangan PerangkatPembelajaran IPA Terpadu TemaPencemaran Air denganPendekatan Sains, Lingkungan,Teknologi, dan Masyarakat(SALINGTEMAS) Kelas VII SMP, Jurnal Pendidikan Sains e - Pensa ,Hal. 123 - 129. [13]. Raja, K. P. 2009. Examination of the Science Technology Society with Curriculum Approach. Diakses pada tanggal 29 Oktober 2016 di http://www.cedu.niu.edu/scie/courses/cfiles_kin g/sts_reading.htm . [14]. Nurohman, S. 2008. Life Skills. Diakses pada Tanggal 29 Oktober 2016 di http://shobru.files.wordpress.com