PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING BERBANTU ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEPUTIH RAMAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Nova Rosdawati, Jazim, Satrio Wicaksono Sudarman (2017) Penerapan Model Active Learning Berbantu Alat Peraga Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Seputih Raman Tahun Pelajaran 2016/2017

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Raman dengan model Activ Learning berbantu alat peraga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tehnik pengumpul data dalam penelitian ini berupa angket motivasi dan tes. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan Model pembelajaran Activ Learning berbantu alat peraga dapat: (1) Meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Raman, pada pra survei 18,75%, pada siklus I 53,12% dan menjadi 78,13% pada siklus II, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 25,01%. (2) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Seputih Raman, pada pra survei 43,75%, pada siklus I 68,75% dan meningkat menjadi 78,12% pada siklus II, dalam hal ini, hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10%.

Kata Kunci: active learning, alat peraga, motivasi, dan hasil belajar.