PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMA

Siswadi (2017) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sma,


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA. Desain penelitian dalam penelitian ini quasi experiment atau eksperimen semu yang terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas perlakuan) dan kelas kontrol. Pertimbangan penggunaan desain penelitian ini adalah bahwa kelas yang ada sudah terbentuk sebelumnya, sehingga tidak dilakukan lagi pengelompokan secara acak,    dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah data nilai seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Pagar Dewa Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dari dua kelas yang berbeda, kelas X MIA 2 dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis. Analisis data peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan uji t. Hasil analisis menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Kata Kunci:    Kemampuan berpikir kritis matematis, pembelajaran berbasis masalah


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:31 August 2017
Last Modified:31 August 2017
URI:https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/16