PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSSING BERBANTUAN SMARTPHONE

Arlin Astriyani (2017) Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Possing Berbantuan Smartphone

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran problem possing berbantuan smartphone dan meningkatkan aktivitas belajar peserta didik selama penerapan model pembelajaran Problem Possing berbantuan smartphone. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Matematika pada tahun ajaran 2016/2017 mata kuliah Geometri Analitik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar, angket motivasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing berbantuan smartphone dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Pada siklus I nilai rata-rata skor angket motivasi belajar peserta didik 70 meningkat menjadi 78 pada siklus II, diikuti dengan peningkatan persentase motivasi belajar peserta didik. Selain motivasi belajar peserta didik, aktivitas belajar peserta didik juga mengalami peningkatan. Rata-rata aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 65,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 75,6%.

Kata Kunci: motivasi, problem possing, smartphone