PROFIL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI NILAI KARAKTER PADA MATAKULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN

Dasrieny Pratiwi, Agil lepiyanto (2017) Profil Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terintegrasi Nilai Karakter Pada Matakuliah Morfologi Tumbuhan

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran inkuiri terintegrasi nilai karakter pada matakuliah morfologi tumbuhan. Penelitian ini menggunakan model penelitian R&D. model pengembangan yang digunakan adalah 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Hasil validasi hasil rata-rata Ahli RPS didapatkan nilai rata-rata sebesar 82%, ahli desain bahan ajar didapatkan nilai rata-rata sebesar 85%, ahli materi bahan ajar didapatkan nilai rata-rata sebesar 85% dan respon mahasiswa 78,3%. Adanya perangkat pembelajaran inkuiri yang valid diharapkan dapat menjadi alternatif untuk menyiapkan calon guru biologi yang kompeten.

Kata kunci: Inkuiri, Morfologi Tumbuhan dan Pembelajaran