DEVELOPING CREATE, CATEGORIZE AND COLLECT TECHNIQUE (3CT) BASED ON CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL).

Eka Rahmawati, Muhfaroyin, Lilis Solihah (2017) Developing Create, Categorize And Collect Technique (3ct) Based On Contextual Teaching And Learning (ctl).

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Aspek paling mendasar dalam bahasa adalah kosa kata. Belajar kosakata akan memudahkan siswa untuk belajar semua kemampuan bahasa Inggris; Berbicara, Mendengarkan, Menulis, dan Membaca. Ada beberapa masalah dalam pengajaran kosa kata, yaitu penggunaan teknik membosankan pengajaran yang tidak komunikatif dan pendekatan yang tidak relevan dengan latar belakang siswa. CTL adalah sebuah pendekatan yang memudahkan guru untuk mengajar siswa secara kontekstual. Pendekatan ini membuat guru menghubungkan materi ajar di kelas ke dunia nyata. Artinya, siswa mengalami kondisi dunia nyata secara abstrak di kelas. Dengan demikian, pendekatan ini efektif untuk diimplementasikan dalam proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan 3CT berdasarkan pendekatan CTL untuk pengajaran kosa kata bahasa Inggris. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menyusun langkah-langkah membuat siswa belajar kosa kata dengan pendekatan CTL. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) yang dilakukan oleh ADDIE untuk merancang prosedur. Desain ADDIE berdiri untuk prosedur itu sendiri, ini adalah Menganalisis, Merancang, Mengembangkan, Menerapkan dan Mengevaluasi. Penelitian ini dirancang dengan teknik pengajaran kosakata dan pendekatan CTL. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Metro pada semester II. Peneliti menganalisis data dari uji lapangan sebagai acuan untuk revisi produk akhir. Menurut penelitian, produk ini siap digunakan dalam proses pembelajaran. Produk ini juga menjadi teknik baru yang dikembangkan oleh peneliti sebagai teknik alternatif untuk mengajarkan kosakata lebih mudah.


Kata kunci: R & D, Teknik, Kosakata, Pembelajaran Kontekstual (CTL).