ORIENTASI KURIKULUM 2013 DALAM MEMBANGUN PESERTA IDIK BERKARAKTER MEMILIKI KESADARAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN HIDUP (SUATU KAJIAN IMPLEMENTASI KURTILAS DI JENJANG PENDIDIKAN DASAR)

R. Sihadi Darmo Wihardjo (2017) Orientasi Kurikulum 2013 Dalam Membangun Peserta Idik Berkarakter Memiliki Kesadaran Dan Sikap Peduli Lingkungan Hidup (suatu Kajian Implementasi Kurtilas Di Jenjang Pendidikan Dasar)

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan kajian ini adalah untuk memperoleh pemahaman analitik tentang konsep kurikulum 2013. Fokus kajian ini adalah pembahasan mengenai strategi pembelajaran dalam Kurikulum 2013 sebagai penyempurnaan dan pengembangan dari kurikulum KBK dan KTSP dalam upaya membangun peserta didik berkarakter dan bersikap sebagai generasi berpendidikan dan religius. Secara lebih detail, kajian ini menganalisa lebih mendalam tentang (1) Konsep pembaruan Kurikulum 2013 yang berimplikasi terhadap pembentukan pengalaman dalam proses pembelajaran, (2) Menelaah dampak pengalaman terhadap pembentukan karakter dan sikap peserta didik, (3) Efektivitas pembelajaran dalam pengembangan kesadaran dan sikap peduli lingkungan. Metode pengkajian ini adalah analisa kualitatif dengan melakukan telaah konsep dan kaitannya dengan pengembangan karakter dan sikap peserta didik. Data pengkajian ini adalah konsep isi Kurikulum 2013, konsep isi tentang kesadaran dan sikap peduli lingkungan, dan data pelaksanaan kurikulum nasional di jenjang pendidikan dasar. Temuan bahasan dalam kajian ini adalah efektivitas inovasi Kurikulum 2013 dalam pengembangan karakter siswa yang berimplikasi terhadap pembangunan kesadaran dan sikapĀ  peduli lingkungan bagi peserta didik dalam kehidupan keluarga, sosial, dan akademiknya.


Kata Kunci: Kurikulum 2013, peserta didik berkarakter, kesadaran dan sikap peduli lingkungan hidup