DEVELOPING EVALUATION OF WRITING SKILL BY USING VISUAL MEDIA FOR ACCOUNTING STUDENTSOF MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF METRO

Oktarina Rahasti, Handoko Santoso, Lilis Sholihah (2017) Developing Evaluation Of Writing Skill By Using Visual Media For Accounting Studentsof Muhammadiyah University Of Metro

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Media sangat penting dalam bahasa Inggris khususnya secara tertulis. Beberapa media pembelajaran di atas dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengajaran keterampilan menulis yang efektif. Media pembelajaran adalah sesuatu yang membantu siswa memahami materi keras. Karena menggunakan media pembelajaran yang tepat, dapat memudahkan motivasi belajar siswa. Namun ada beberapa masalah dalam proses pembelajaran seperti faktor eksternal, faktor eksternal adalah kondisi di masyarakat, keluarga dan kemudahan dalam belajar. Tujuan penelitian untuk mengembangkan evaluasi keterampilan menulis siswa dengan menggunakan Media Visual di Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Metro.Peneliti mendapatkan data dengan menggunakan dua jenis kuesioner, seperti instrumen keterbacaan dan instrumen kemampuan untuk mengetahui bagaimana siswa merespon dan memahami keterampilan menulis. Peneliti menggunakan model tessmer yang memiliki beberapa langkah seperti self-evaluation, one-two-one, small group dan field test. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa semester dua jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Metro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi keterampilan menulis dengan menggunakan media visual dapat diterapkan oleh siswa.

 

Kata Kunci: pengembangan, evaluasi, keterampilan menulis, media visual