PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK MTS MA’ARIF NU 5 SEKAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Syariatul Mar’ah, HRA Mulyani, Ira Vahlia (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Take And Give Berbasis Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Mts Ma’arif Nu 5 Sekampung Tahun Pelajaran 2016/2017

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran take and give berbasis kontekstual dengan yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji-t kelas eksperimen menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran take and give berbasis kontekstual terhadap pemahaman konsep matematika ditunjukkan dengan hasil analisis uji hipotesis yaitu uji kesamaan dua rata-rata dimana dan = 2,301 dengan taraf signifikan  menyatakan bahwa H0 ditolak. (2) pemahaman konsep matematika yang mendapatkan model pembelajaran take and give berbasis kontekstual lebih tinggi daripada yang mendapatkan pembelajaran konvensional ditunjukkan dengan hasil analisis uji hipotesis yaitu diperoleh  dan  dengan taraf signifikan  menunjukkan  dan menyatakan bahwa H0 ditolak.

 

Kunci: model pembelajaran take and give berbasis kontekstual, pemahaman konsep