INTERNALISASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATAN LULUSAN YANG BERPENDIDIKAN DAN BERKARAKTER

LIANA VIVIN WIHARTANTI (2017) Internalisasi Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatan Lulusan Yang Berpendidikan Dan Berkarakter

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi pembelajaran akuntansi berbasis multimedia untuk meningkatkan lulusan yang berpendidikan dan berkarakter; serta  mengetahui keefektifan pembelajaran berbasis multimedia yang diterapkan dalam setiap mata kuliah pendidikan akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan untuk menguji keabsahan  data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah pembelajaran berbasis multimedia dengan aplikasi movie maker tersebut mahasiswa terlihat antusias, tertarik, aktif, kreatif dalam pembelajaran, terbukti mahasiswa lebih fokus terhadap materi sehingga nilai dalam setiap semester meningkat, dan mengalami perkembangan kognitif, afektif, dan psokomotorik mahasiswa, serta wujud perkembangan nilai karakter mahasiswa yang tampak setelah pembelajaran adalah religious dan peduli lingkungan.

Kata Kunci: Pembelajaran Akuntansi, Multimedia, Berkarakter