INTEGRASI PENDIDIKAN PRODUKTIF DAN BERKARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DAN BUDAYA BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

Ramadhan Prasetya Wibawa (2017) Integrasi Pendidikan Produktif Dan Berkarakter Dalam Pembelajaran Berwawasan Lingkungan Dan Budaya Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Integrasi pendidikan produktif dan berkarakter dalam pembelajaran berwawasan lingkungan dan budaya terwujud dengan ke dalam lingkungan kehidupan kampus sebagai lingkungan belajar yang aman, jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan penuh kekuatan (dignity). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas PGRI Madiun. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif dengan menggunakan analisis model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Studi Pendidikan Ekonomi mendukung implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pengembangan diri, penciptaan budaya sekolah, dan pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam pembelajaran. Pengintegrasian karakter melalui modifikasi perencanaan pembelajaran (RPS), pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

Kata kunci: Pendidikan produktif dan berkarakter, Pembelajaran