HUBUNGAN HARGA DIRI (SELF ESTEEM) DENGAN PERILAKU ASERTIF PESERTA DIDIK SMK NEGERI 3 METRO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Septi Dwi Cahyani, Mudaim (2017) Hubungan Harga Diri (self Esteem) Dengan Perilaku Asertif Peserta Didik Smk Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Pada dasarnya perilaku asertif merupakan cara untuk mengekspresikan apa yang mereka lihat dan apa yang mereka inginkan dan mengekspresikan perasaan integritas, langsung, dan jujur dengan tetap menjaga privasi dan menghormati orang lain. Tidak mampu untuk berperilaku asertif dan percaya diri peserta didik juga mempengaruhi kemampuan untuk melakukan penyesuaian terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara harga diri (self esteem) dengan perilaku asertif peserta didik SMK Negeri 3 Metro. Subjek utamanya ditentukan menggunakan Teknik cluster random sampling adalah peserta didik kelas X tata busana yang berjumlah 31 peserta didik. Objek penelitian ini adalah harga diri (self esteem) dan perilaku asertif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua angket yaitu angket harga diri (self esteem) dan perilaku asertif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional, cara analisis data kuantitatif dalam penelitian ini, adalah: 1) persyaratan uji meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara harga diri (self esteem) dengan perilaku asertif, hal ini telah ditunjukan dari hasil perhitungan analisis data dengan menggunakan rumus data Product moment  diperoleh diperoleh rhitung sebesar 0,85 dan  rtabel sebesar 0,367 dengan n-2=29 pada taraf signifikansi 5%. Karena rhitung>rtabelatau 0,96 > 0,367 yang termasuk dalam katagori  kuat dan tidak bertanda negatif. Maka nilai koefisien yang positif menunjukan bahwa hubunganhargadiri (self esteem) denganperilakuasertifpeserta didik searah dan signifikan.

Kata Kunci: Harga Diri (Self Esteem), Perilaku Asertif