PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING SISWA KELAS X MA AL-MUHSIN PURWOASRI

Yessy Renita Dewi, Anak Agung Oka, Triana Asih (2017) Pengembangan Modul Terintegrasi Nilai Keislaman Dengan Model Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas X Ma Al-muhsin Purwoasri

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul terintegrasi nilai keislaman dengan model inkuiri terbimbing siswa kelas X MA Al-Muhsin Purwoasri. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4-D menurut Thiagarajan, Semmel, dan Semmel dan hanya menggunakan 3 tahap yaitu Define, Design, dan Develop. Tahap Desseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Parameter kelayakan modul ditinjau berdasarkan validasi. Kelayakan modul ditunjukkan apabila nilai kelayakan modul >61%. Sasaran dalam penelitian ini adalah modul terintegrasi nilai keislaman dengan model inkuiri terbimbing pada materi ekosistem yang diujicobakan pada siswa kelas X MA Al-Muhsin Purwoasri sebanyak 10 anak. Hasil validasi yang telah dilakukan menunjukkan tingkat kelayakan modul terintegrasi nilai keislaman dengan model inkuiri terbimbing dari segi desain modul sebesar 82,5%, dari segi materi modul sebesar 92,5%, dan dari segi materi keislaman sebesar 90%. Tingkat keterbacaan modul terintegrasi nilai keislaman dengan model inkuiri terbimbing berdasarkan respon siswa sebesar 86,6%. Persentase tersebut terkategori sangat kuat. Hasil persentase penelitian ini menunjukkan bahwa  modul terintegrasi nilai keislaman dengan model inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber pembelajaran siswa.

Kata Kunci: Pengembangan modul, integrasi nilai keislaman, inkuiri terbimbing