EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL MIND MAPPING BERBANTU ALAT PERAGA RODA PINTAR TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMP NEGERI 2 KOTAGAJAH PADA MATERI BANGUN RUANG

Riska Nurmasari, Ira Vahlia, HRA Mulyani (2017) Efektivitas Penggunaan Model Mind Mapping Berbantu Alat Peraga Roda Pintar Terhadap Kreativitas Siswa Smp Negeri 2 Kotagajah Pada Materi Bangun Ruang

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbantu alat peraga roda pintar terhadap kreativitas siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kotagajah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-experimental Design yang bersifat kuantitatif. Teknik pengumpulan data yaitu tes (tes kreativitas) pada materi bangun ruang sisi datar yang telah divalidasi oleh 3 validator. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika, hal tersebut dapat dilihat dari hasil catatan Mind Mapping yang dibuat siswa. Selain itu, peningkatan kreativitas juga dapat dilihat dari data hasil tes yang telah dianalisis menggunakan uji-Gainscore untuk mengetahui peningkatannya disetiap tes. Hasil tes pertama yaitu sebesar (g) = 0,2909 dengan kriteria rendah, tes kedua sebesar (g)=0,3200 dengan kriteria sedang,  tes ketiga sebesar (g)=0,4000 dengan kriteria sedang, tes keempat sebesar (g)=0,5253 dengan kriteria sedang, dan pada tes terakhir sebesar (g)=0,7154 dengan kriteria tinggi. Dari hasil kelima tes tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantu alat peraga roda pintar efektif digunakan terhadap kreativitas siswa kelas VIII SMP N 2 Kotagajah pada materi bangun ruang.

Kunci : Efektivitas, Mind Mapping, Roda Pintar, Kreativitas