PENGEMBANGAN MODUL MELALUI PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI SPIRITUAL KE-ISLAMAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK MATERI POKOK SISTEM INDRA

Rosidawati, Anak Agung Oka, Agil Lepiyanto (2017) Pengembangan Modul Melalui Pengintegrasian Nilai-nilai Spiritual Ke-islaman Dengan Model Pembelajaran Talking Stick Materi Pokok Sistem Indra

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Pengembangan sistem pembelajaran sangat penting dilakukan terutama oleh pendidik. Guru dituntut harus mampu mengembangkan sistem pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi peserta didik. Modul merupakan suatu unit program pengajaran yang disusun dalam bentuk tertentu untuk keperluan belajar. Model pembelajaran Kooperatif Talking Stick yang akan diterapkan di dalam pembelajaran dimana penulis ingin melihat bagaimana cara agar peserta didik lebih terpacu rasa ingin tahunya dengan cara pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan suatu model pembelajaran. Hasil validasi produk yang dilakukan mendapatkan 75% yang tercantum pada ahli materi sistem indera yaitu 95% uji ahli Tafsir Al-Quran didapatkan persentase 96,8% serta uji keterbacaan oleh siswa mendapatkan persentase 73% pengujian untuk tingkat kelayakan dan keterbacaan dikatakan layak apabila masuk dalam persentase ˃61% dengan kriteria ‘’kuat’’ sampai ‘’sangat kuat’’.

Kata kunci: Pengembangan, Modul, Integrasi Islam, Talking Stick