EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMECAHAN MASALAH SISTEMATIS TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMP N2 WAY BUNGUR

Ari Widia Astuti, Jazim Ahmad, Satrio Wicaksono Sudarman (2017) Eksperimentasi Strategi Pemecahan Masalah Sistematis Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Smp N2 Way Bungur

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan dari penelitian ini adalah (I) Untukmengetahui manakah motivasi belajar peserta didik yang lebih tinggi, pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah sistematis atau pembelajaran konvensional pada kelas VII. (II) Untukmengetahui manakah hasil belajar belajar peserta didik yang lebih tinggi, pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah sistematis atau pembelajaran konvensional pada kelas VII . Jenis Penelitian ini adalah Quasi Exsperiment (eksperimen semu), dseluruh peserta didikkelas VII SMP Negeri 2 Way Bungur Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian dapat dilihat berdasarkan hasil uji hipotesis motivasi belajar peserta didik menggunakan uji-t satu pihak yaitu: (I) > yang menunjukan tingkat signifikan menghasilkan . Hal ini menunjukan bahwa rata-rata skor motivasi belajar peserta didik menggunakan Pemecahan Masalah Sistematis (Systematyc Approach To Problem Solving) lebih tinggi dibandingkan skor motivasi belajar peserta didik yang mendapatkan pembelajaran konvensional. (II) > yang menunjukan tingkat signifikan menghasilkan . Hal ini menunjukan bahwa rata-rata skor hasil belajar peserta didik menggunakan Pemecahan Masalah Sistematis (Systematyc Approach To Problem Solving) lebih tinggi dibandingkan skor hasil belajar peserta didik yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: Strategi Pemecahan Masalah Sistematis , Motivasi, Dan Hasil Belajar