PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTS NEGERI 1 LAMPUNG TIMUR

Dwi Oktavia, Handoko Santoso, Nego Linuhung (2017) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Vii Mts Negeri 1 Lampung Timur

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (Quasi Experimentals) dengan bentuk desain Non Equivalent Control Group Design. Kelompok eksperimen maupun kelompok konvensional tidak dipilih secara random. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini kelompok eksperimen dengan kelompok konvensional ditentukan berdasarkan pertimbangan guru mata pelajaran dimana dari kedua kelompok tersebut diuji terlebih dahulu tingkat keseimbangannya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dengan analisis data menggunakan uji t. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikansi  α = 0,05 diperoleh   sehingga H0 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pemahaman konsep matematis dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Model pembelajaran Inquiry terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.