PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PBL BERUPA LKPD DISERTAI NILAI KARAKTER

Riski Rusmalinda, Handoko Santoso, Dasrieny Pratiwi (2017) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pbl Berupa Lkpd Disertai Nilai Karakter

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) disertai nilai karakter untuk kelas X IPA semester genap, kemudian menguji kelayakan melalui uji ahli dan uji kelompok kecil. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu define, design, develop, dan desseminate, tahap desseminate tidak dilakukan karna adanya keterbatasan waktu dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD mendapat nilai kelayakan dari ahli desain 89,58% termasuk kedalam kriteria sangat layak, ahli materi 85% termasuk kedalam kriteria sangat layak, dan peserta didik sebesar 86% termasuk kedalam kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: LKPD, nilai karakter, PBL