PENGARUH SELF AFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Siska Widi Wulandari, Caswita (2017) Pengaruh Self Afficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Penelitian ini adalah pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa. Self efficacy adalah penilaian seseorang akan kemampuan matematika yang dimilikinya untuk menyelesaikan tugas matematika melalui tindakan sendiri dan meyakini dia akan berhasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah tinggi rendahnya hasil belajar matematika    dipengaruhi oleh self afficacy (2) sebarapa besar pengaruh self afficacy  terhadap hasil  belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan sampel dari populasi penelitian yaitu semua siswa kelas XI IPA dari SMA Negeri I Punggur. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 5 sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket. Angket digunakan untuk memperoleh data self efficacy dan motivasi belajar, sedangkan nilai mid semester untuk memperoleh data hasil belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil analisis regresi menunjukkan hasil signifikansi antara Self-efficacy terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0, 795 (0, 795 > 0,05). Hasil analisis data menunjukkan tidak ada pengaruh dari kedua variabel tersebut terhadap prestasi belajar matematika. Signifikansi analisis varian sebesar 0, 691 (0, 691 > 0,05), self-efficacy, tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika, berarti dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi guru matematika dapat dijadikan sebagai pertimbangan dalam peningkatan prestasi belajar matematika siswa.  

Kata Kunci: self efficacy, hasil belajar matematika