PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH MELALUI PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KE-ISLAMAN MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA

Erly Yulita Sari, Anak Agung Oka, Kartika Sari (2017) Pengembangan Modul Berbasis Scientific Approach Melalui Pengintegrasian Nilai-nilai Ke-islaman Materi Sistem Pernapasan Kelas Xi Sma

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Mengembangkan modul dapat mendorong minat baca peserta didik secara mandiri dan membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menciptakan produk berupa Modul Berbasis Scientific Approach Melalui Pengintegrasian Nilai-Nilai Ke-Islaman. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Reiser dan Molenda yaitu model ADDIE. Model ini terdapat 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Tahap Implementation, Evaluation tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Hasil pengujian dari segi ahli materi presentase 89,4%, hasil uji desain presentase 88%, hasil uji ahli keagamaan presentase 84,4%, hasil uji ahli guru presentase 85%, dan hasil perhitungan tingkat keterbacaan peserta didik menunjukkan kelayakan presentase sebesar 89,5%. Hasil pengujian oleh para ahli dan tingkat keterbacaan peserta didik, masuk dalam kriteria “Sangat Layak” dan ”Sangat Kuat”. Pengembangan modul bertujuan menghasilkan modul yang baik dan layak digunakan secara masal. Kriteria tersebut menandakan bahwa modul yang telah dikembangkan dapat digunakan dan siap dijadikan salah satu referensi bahan ajar biologi. Kelebihan dan kelemahan modul yaitu dapat digunakan secara mandiri, dan produk yang dikembangkan masih terbatas hanya satu materi.

Kata Kunci: Modul, Scientific Approach, Pengintegrasian Nilai Ke-Islaman