PRAKTIKUM VIRTUAL: IMPLIKASINYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA

Supriyadi, Kurniawati (2017) Praktikum Virtual: Implikasinya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Sma

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Mengacu hakikat pembelajaran sains, keterampilan proses sains merupakan salah satu aspek penting yang mesti dikembangkan dalam pembelajaran sains. Sebab, keterampilan ini dapat memicu tumbuhnya sejumlah keterampilan lain pada diri siswa. Siswa dengan KPS yang baik mampu memecahkan masalah. Memerhatikan hasil pra penelitian, ditemukan masalah: KPS siswa belum dikembangkan secara optimal. Penyebabnya, guru umumnya belum memahami ihwal KPS, terutama dalam hal menyusun instrumen untuk mengukur KPS siswa. Salah satu pembelajaran yang direkomendasikan untuk mengembangkan KPS adalah praktikum. Namun, pada sekolah yang diobservasi, pelaksanaan praktikum kurang intensif karena terhambat ketersediaan alat dan bahan, serta belum diperhatikannya keselamatan kerja siswa. Menyikapi hambatan tersebut ditawarkan solusi praktikum virtual sebagai alternatif solusi mengatasi hambatan praktikum ril. Melalui jenis penelitian weak experiment dengan desain one group pretest-posttest, penelitian ini berlangsung di SMA Negeri 1 Kalirejo Kab. Lampung Tengah. Siswa kelas X MIA 1 terpilih sebagai kelas eksperimen, serta ditambahkan kelas X MIA 2 dan X MIA 3 sebagai kelas replikasi yang berfungsi memperkuat hasil penelitian. Data penelitian dijaring dengan instrumen: lembar observasi dan soal tes KPS bentuk uraian. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test. Sebelumnya, dilakukan uji prasyarat: uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Temuan penelitian ini: seluruh sampel penelitian memperoleh hasil Thitung>Ttabelyaitu 4.5072>1.694  (X MIA 1), 7.5387>1.694 (X MIA 2) dan  7.8616>1.694 (X MIA 3) sehingga H0 ditolak, dan H1 diterima. Artinya, praktikum virtual berpengaruh signifikan terhadap KPS siswa pada materi vertebrata. Dengan demikian, praktikum vitual potensial dipilih sebagai metode pembelajaran untuk membangun KPS siswa.

Kata Kunci: keterampilan proses sains, praktikum virtual, vertebrata