LAMA PEMULIHAN VIABILITAS SPERMATOZOA MENCIT JANTAN (MUS MUSCULUS L.) SETELAH PEMBERIAN EKSTRAK KAYU SECANG (CAESALPINIA SAPPAN L.)

Marlina Kamelia, Siti Adha Sari (2017) Lama Pemulihan Viabilitas Spermatozoa Mencit Jantan (mus Musculus L.) Setelah Pemberian Ekstrak Kayu Secang (caesalpinia Sappan L.)

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Alat kontrasepsi bagi pria merupakan  salah satu bentuk partisipasi dalam menyukseskan program keluarga berencana. Upaya pengembangan alat kontrasepsi alami bagi pria diantaranya dengan menggunakan bahan-bahan dari alam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek pemberian ekstrak kayu secang terhadap viabilitas spermatozoa mencit jantan (Mus musculus L.) dan waktu yang tepat dari proses pemulihan viabilitas spermatozoa mencit jantan (Mus musculus L.). Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode eksperimen. Perlakuan pada penelitian ini berupa ekstrak secang dengan konsentrasi yaitu 25mg/30BB dan 50mg/30BB dengan waktu pemulihan mulai dari 10 hari, 15 hari, 20 hari dan 25 hari. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kayu secang (Caesalpinia sappan L.). pada mencit jantan (Mus musculus L.). berpengaruh menurunkan viabilitas spermatozoa dan membutuhkan waktu lebih dari 25 hari untuk memulihkan viabilitasnya kembali ke keadaan normal.

Kata Kunci: viabilitas, spermatozoa, secang, kontrasepsi