PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DISERTAI MEDIA MINIATUR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA SISWA SMP NEGERI 1 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2016/1017

Ayu Cahyaning Fitri, Dedy Hidayatullah Alarifin (2017) Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Disertai Media Miniatur Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa Smp Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/1017

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Hasil belajar kognitif fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/2017 berdasarkan hasil pra survey masih banyak yang belum memenuhi KKM senilai 70. Setelah melakukan wawancara dengan guru mata pelajaran ternyata terdapat banyak siswa yang belum tuntas dikarenakan siswa kurang mampu memahami konsep pembelajaran sehingga dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran kontekstual disertai media miniatur dan mengetahui manakah hasil belajar fisika siswa yang lebih tinggi antara pembelajaran kontekstual disertai media miniatur dengan pembelajaran yang biasa di lakukan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretest-post-test only. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan 2 (dua) kelas yaitu kelas VIII.6 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.7 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan data hasil belajar menggunakan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran kontekstual disertai media miniatur terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa dan pengaruh paling besar ditunjukkan pada aspek implementasi (C3) perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 32, pengaruh paling kecil ditunjukkan aspek pemahaman (C2) yaitu sebesar 7.

Kata Kunci: pembelajaran kontekstual, media miniatur, hasil belajar kognitif