PENGEMBANGAN MODUL MELALUI PENGINTEGRASIAN NILAI KE-ISLAMAN PADA MATERI CHORDATA BERBASIS PENDEKATAN SAVI

Asih Rahayu, Anak Agung Oka, Dasrieny Pratiwi (2017) Pengembangan Modul Melalui Pengintegrasian Nilai Ke-islaman Pada Materi Chordata Berbasis Pendekatan Savi

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan modul melalui pengintegrasian nilai-nilai Ke-Islaman pada materi Chordataberbasis pendekatan SAVI kelas X SMA Darusy Syafaah Kotagajah.Metode yang digunakan adalah metode pengembangan yang diambil dari hasil riset Sugiyono. Tahapan yang dilakukan yaitu hanya pada tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Tahap uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Hasil validasi yang telah dilakukan menunjukan tingkat kelayakan modul dengan persentase desain sebesar 81,37%, model pembelajaran sebesar 90%, materi sebesar 83,6% , tafsir ayat Al-Qur’an sebesar 100%, dan respon siswa sebesar 87%. Persentase tersebut menunjukan kategori sangat kuat, sehingga modul melalui pengintegrasian nilai-nilai Ke-Islaman pada materi Chordata berbasis pendekatan SAVIdinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan modul, SAVI, nilai ke-islaman