PERBANDINGAN HASIL PERTUMBUHAN NANAS QUEEN DAN NANAS MADU (CAYENNE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI BERUPA PANDUAN PRAKTIKUM MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Novia Diana Putri, Agus Sutanto, Rasuane Noor (2017) Perbandingan Hasil Pertumbuhan Nanas Queen Dan Nanas Madu (cayenne) Sebagai Sumber Belajar Biologi Berupa Panduan Praktikum Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Nanas memiliki beberapa jenis diantaranya nanas queen dan nanas madu (Cayenne). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pertumbuhan nanas queen dan nanas madu (Cayenne) dan untuk mengetahui cara penerapan hasil penelitian sebahagi sumber belajar biologi SMA. Penelitian merupakan penelitian eksperimen. Parameter yang diamati adalah panjang daun dan jumlah daun.Hasil penelitian diuji dengan uji T. Hasil uji panjang daun thit -0,82 < -ttab 2,61 sehingga disimpulkan bahwa tidak ada perbandingan pertumbuhan panjang daun nanas queen dan panjang daun nanas madu (Cayenne). Hasil penelitian diuji dengan uji T. Hasil uji jumlah daun thit 2,33 < -ttab 2,61 sehingga disimpulkan bahwa tidak ada perbandingan pertumbuhan jumlah daun nanas queen dan jumlah daun nanas madu (Cayenne). Hasil validasi petunjuk praktikum menunjukkan bahwa petunjuk praktikum layak digunakan sebagai sumber belajar dalam proses belajar mengajar biologi pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan.

Kata Kunci:    nanas madu (cayenne), nanas queen, panduan praktikum