PENERAPAN TEAMS GAME TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.C
Dwi Noviawan (2017) Penerapan Teams Game Tournament Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii.c,
![]() |
TEXT fulteks.pdf Download |
ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe TGT pada siswa kelas VII.C semester genap SMP Negeri 2 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2011/2012. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan penerapan model cooperative learning tipe TGT pada siswa kelas VII.C semester genap SMP Negeri 2 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2011/2012. Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperolah dari hasil observasi dan tes pada siklus I sampai III dianalisis secara kuantitatif dengan cara menghitung persentase setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.C pada siklus I aktivitas keterlibatan belajar 25,12%, kerja sama 29,68%,tanggung jawab 14,06%, persaingan sehat 31,13% dan hasil belajar 50%. Persentase aktivitas dan hasil belajarpada siklus II aktivitas keterlibatan belajar 28,34%, kerja sama 31,28%, tanggung jawab 12,56%, persaingan sehat 27,82% dan hasil belajar 84,2%. Sedangkan optimalisasi tindakan pada siklus III aktivitas keterlibatan belajar 24,74%, kerja sama 30,07%, tanggung jawab 16,15%, persaingan sehat 29,04% dan hasil belajar 92,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VII.C semester genap SMP Negeri 2 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, teams game tournament (tgt)
Type | : | Other |
Depositing User | : | Admin Universitas |
Date Deposited | : | 31 August 2017 |
Last Modified | : | 31 August 2017 |
URI | : | https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/78 |