PENERAPAN TEAMS GAME TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.C

Dwi Noviawan (2017) Penerapan Teams Game Tournament Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii.c

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan penerapan model cooperative learning tipe TGT pada siswa kelas VII.C semester genap SMP Negeri 2 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2011/2012. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan penerapan model cooperative learning tipe TGT pada siswa kelas VII.C semester genap SMP Negeri 2 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2011/2012. Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperolah dari hasil observasi dan tes pada siklus I sampai III dianalisis secara kuantitatif dengan cara menghitung persentase setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII.C pada siklus I aktivitas keterlibatan belajar 25,12%, kerja sama 29,68%,tanggung jawab 14,06%, persaingan sehat 31,13% dan hasil belajar 50%. Persentase aktivitas dan hasil belajarpada siklus II aktivitas keterlibatan belajar 28,34%, kerja sama 31,28%, tanggung jawab 12,56%, persaingan sehat 27,82% dan hasil belajar 84,2%. Sedangkan optimalisasi tindakan pada siklus III aktivitas keterlibatan belajar 24,74%, kerja sama 30,07%, tanggung jawab 16,15%, persaingan sehat 29,04% dan hasil belajar 92,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VII.C semester genap SMP Negeri 2 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2011/2012.

Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, teams game tournament (tgt)