PENGARUH MODEL MEA (MEANS-END ANALYSIS) DISERTAI STRATEGI PEMBERIAN TUGAS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Lia Anggi Puspitasari, Jazim Ahmad, Nego Linuhung (2017) Pengaruh Model Mea (means-end Analysis) Disertai Strategi Pemberian Tugas Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa,


TEXT
fulteks.pdf
Download

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model MEA (Means-End Analysis) disertai strategi pemberian tugas dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk eksperimen semu, teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan analisis data menggunakan statistic inferensial (uji-t). opulasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ma’arif 01 Seputih Raman Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas A jumlah siswa 34, kelas B jumlah siswa 39 dan kelas C jumlah siswa 31. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikan  <!--[endif]----> = 0,05 dengan dk = (39 + 31 - 2) diperoleh thitung = 2,22416 dan ttabel  = 1,99547 menunjukkan bahwa thitung  <!--[endif]----> ttabel  sehingga H0 ditolak, artinya kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model MEA (Means-End Analysis) disertai strategi pemberian tugas lebih tinggi dari kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. <!--![endif]----><!--![endif]---->

<!--[endif]----><!--[endif]---->Kata Kunci: model pembelajaran mea (means-end analysis), pemahaman konsep matematis, strategi pemberian tugas <!--![endif]----><!--![endif]---->


Type:Other
Depositing User:Admin Universitas
Date Deposited:31 August 2017
Last Modified:31 August 2017
URI:https://repository.ummetro.ac.id/semnasdik/halaman/79