PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI PERBANDINGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PRINGSEWU

Hidayatulloh, Dian Suci Rizkinanti (2017) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Perbandingan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 5 Pringsewu

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi perbandingan di SMP Negeri 5 Pringsewu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pringsewu tahun pelajaran 2016-2017. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan uji-t jika data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika yang diperoleh melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar matematika yang diperoleh melalui penerapan model pembelajaran langsung.

Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah