PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING DIKOMBINASIKAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Intan Minati Qoyyum, Jazim, Nego Linuhung (2017) Pengaruh Pendekatan Resource Based Learning Dikombinasikan Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan Resource Based Learning dikombinasikan Scramble terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 10 Metro. Penelitian ini adalah eksperimen semu. Pada penelitian ini kelas VIIa diberi perlakuan dengan pembelajaran menggunakan pendekatan Resource Based Learning dikombinasikan Scramble, sedangkan kelas VIIe dengan Konvensional. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sedangkan analisis data menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t antara pendekatan Resource Based Learning dikombinasikan Scramble dengan data hasil belajar siswa diperoleh thitung = 3,437 dan ttabel = 1,998 maka > . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang memperoleh pendekatan resourced based learning dikombinasikan scramble lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional sehingga ada pengaruh antara pendekatan Resource Based Learning dikombinasikan Scramble terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 10 Metro kelas VII tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci :   hasil belajar, pendekatan resource based learning, scramble