PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI PROTISTA UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA SMA KELAS X

Djulfa Khasanah, Triana Asih (2017) Pengembangan Modul Berbasis Guided Discovery Pada Materi Protista Untuk Pembelajaran Biologi Siswa Sma Kelas X

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Berdasarkan hasil wawancara oleh guru biologi, bahan ajar yang digunakan di SMA Muhammadiyah 1 Metro hanya berpegang pada buku paket yang dipinjam dari perpustakaan, dalam segi penyajian materi juga kurang menarik dan masih bersifat umum. Hal ini menyebabkan peserta didik dalam memahami konsep dari buku paket tersebut mengalami kesulitan. Maka diperlukan suatu bahan ajar berupa modul yang dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri dalam membangun konsep yang dipelajarinya yaitu berupa modul berbasis guided discovery (penemuan terbimbing). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul berbasis guided discovery pada materi protista dan mengetahui kelayakan modul melalui uji ahli dan uji kelompok kecil. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Penelitian dilakukan bulan Maret 2016 sampai April 2017 di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Hasil validasi tim ahli (desain dan materi) dan uji keterbacaan oleh peserta didik didapatkan data persentase ahli desain sebesar 88,7%, ahli materi 87,3%, dan peserta didik sebesar 85%. Berdasarkan data hasil uji ahli dan uji keterbacaan oleh peserta didik, mengenai produk pengembangan modul berbasis guided discovery dapat disimpulkan bahwa modul yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dan siap untuk dijadikan salah satu referensi bahan ajar biologi.

Kunci: Modul, guided discovery, pembelajaran biologi