PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRAKTEK BUKTI TRANSAKSI TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA BINA MULYA GADINGREJO

Heri Supranoto (2017) Pengaruh Penggunaan Media Praktek Bukti Transaksi Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Sma Bina Mulya Gadingrejo

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh  penggunaan media praktek bukti transaksi terhadap hasil belajar akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design, bentuk Pretest-control Group Design. yang dilakukan pada siswa kelas XI semester genap, SMA Bina Mulya Gadingrejo, pada materi Jurnal Khusus Perusahaan Dagang. Analisis data menunjukkan rataan skor postes hasil belajar akuntansi siswa untuk kelas eksperimen sebesar 75,00 dan kelas kontrol sebesar 68,26. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,007 lebih kecil dari nilai α = 0,05, sehingga H0 ditolak. Hasil ini berarti kedua kelas memiliki hasil belajar akuntansi yang berbeda secara signifikan. Hasil belajar akuntansi siswa yang menggunakan media praktek bukti transaksi,  lebih tinggi  dari pada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media praktek bukti transaksi terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Bina Mulya Gadingrejo.

Kata Kunci: bukti transaksi, hasil belajar, media praktek