PENGEMBANGAN MODUL PENGINTEGRASIAN NILAI KEISLAMAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

Resti Yulianti, Achyani, Agil Lepiyanto (2017) Pengembangan Modul Pengintegrasian Nilai Keislaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (nht)

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan penelitian dan pengembangan produk modul materi sistem pencernaan dalam pengintegrasian nilai keislaman melalui model pembelajaran NHT diuji kelayakannya melalui uji ahli. Prosedur penelitian model pengembangan perangkat oleh Sugiyono, Terdiri dari 8 tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan produk masal, namun pada penelitian dan pengembangan ini, kegiatan yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan. Penilaian yang dilakukan yaitu kelayakan media dan kelayakan materi modul oleh para ahli, guru mata pelajaran dan tingkat keterbacaan modul oleh Peserta Didik. Hasil uji ahli media pada modul menunjukkan persentase penilaian sebesar 79% dengan kriteria kuat, uji ahli materi pada modul menunjukkan persentase penilaian sebesar 97% dengan kriteria sangat kuat, uji ahli tafsir Al-qur’an menunjukan persentase penilaian sebesar 88% dengan kriteria sangat kuat, uji guru mata pelajaran menunjukkan persentase penilaian sebesar 80% dengan kriteria kuat, dan penilaian peserta didik sebesar 75,3% dengan kriteria kuat. Berdasarkan data hasil uji ahli dan uji Peserta Didik menunjukkan bahwa modul yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan dan siap untuk dijadikan sebagai salah satu sumber belajar biologi yang dapat membentu kegiatan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: integrasi, modul, nht, nilai keislaman