KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS GRUP INVESTIGATION DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI HASIL BELAJAR

Ira Vahlia, Yeni Rahmawati ES, Tri Anjar (2017) Keefektifan Pendekatan Saintifik Berbasis Grup Investigation Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan antara pendekatan saintifik berbasis Group Investigation dan pembelajaran Discovery ditinjau dari hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah rancangan pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 4 Universitas Muhammadiyah Metro yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ditentukan random. Kelompok eksperimen I diberikan pendekatan saintifik berbasis Group Investigation dan kelompok eksperimen II diberikan dengan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran Discovery. Uji t-tes satu sampel digunaan untuk mengetahui keefektifan pendekatan saintifik berbasis Group Investigation dan pembelajaran Discovery. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada kelas eksperimen I yang menerapkan pendekatan saintifik berbasis Group Investigation diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 66,55 sedangkan pada kelas eksperimen II yang menerapkan pendekatan saintifik berbasis pembelajaran Discovery diperoleh nilai rata-rata hasil belajar adalah 77,04; 2) Pendekatan saintifik berbasis discovery learning efektif ditinjau dari hasil belajar dan pendekatan saintifik berbasis grup investigation tidak efektif ditinjau dari hasil belajar.

Kata Kunci: pembelajaran Discovery, Group Investigation, hasil belajar, pendekatan saintifik