PEMBINAAN PROFESIONALISME CALON PENDIDIK MELALUI MICROTEACHING BERBASIS LESSON STUDY

Nego Linuhung, Nurain Suryadinata (2017) Pembinaan Profesionalisme Calon Pendidik Melalui Microteaching Berbasis Lesson Study

Fkip Um Metro


File Pdf Download


ABSTRACT

Perkuliahan microteaching merupakan perkuliahan yang salah satu tujuanya adalah mempersiapkan mahasiswa calon guru agar siap praktik mengajar di sekolah baik ketika mengikuti PPL maupun kelak ketika sudah menjadi pendidik. Lesson Study adalah sebuah model pembinaan pendidik dalam meningkatkan kinerja pendidik yang dilakukan secara bersama-sama dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas danĀ mutual learning serta membangunĀ learning community. Lesson Study dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu Plan (merencanakan), Do (melaksanakan), dan See (refleksi) yang berupa kegiatan yang berkelanjutan. Pelaksanaan kegiatan microteaching yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Metro diintegrasikan dengan program Lesson Study. Melalui kegiatan Lesson Study mahasiswa calon pendidik di Universitas Muhammadiyah Metro dilatih untuk membuat Perangkat Pembelajaran seperti (RPP, Bahan Ajar, LKS, media pembelajaran dan alat penilaian), selanjutnya melakukan praktek mengajar, sampai dengan tahap refleksi, setiap pendidik anggota tim harus belajar menyampaikan hasil observasi, memperhatikan pendapat observer, dan menghormati hasil diskusi, mengevaluasi proses pembelajaran, yang secara langsung dan tidak langsung akan meningkatkan soft skill mengajar, kompetensi pedagogik dan kompetensi professional mahasiswa calon pendidik Universitas Muhammadiyah Metro.

Kata Kunci: lesson study, microteaching